5 Negara yang Wajib Dikunjungi Bagi Pecinta Keju

KEJU bukan hanya identik dijadikan topping pizza, tetapi juga pelengkap berbagai makanan dengan cara yang berbeda. Keju bisa menjadi salah satu pelengkap makanan yang memiliki protein tinggi karena terbuat dari susu.

Negara penghasil keju pastinya memiliki makanan khas, di mana keju menjadi bahan utama, sebagai campuran ataupun topping. Kamu yang ngaku traveler dan pecinta keju jangan pernah lewatkan wisata kulinernya, apalagi negara yang memiliki makanan khas keju.

Dengan begitu, kamu puas menikmati kulinernya dan mencicipi lebih banyak makanan dengan campuran keju yang beragam. Berikut lima negara yang wajib dikunjungi oleh pecinta keju agar wisata kulinermu makin berkesan.

Baca juga:
Wajib Coba 3 Kuliner Cirebon ini yang Mirip Kuliner Jogja
Jacob Koffie Huis: Ngopi Seperti di Rumah Sendiri
Touring Ditemani Kopi Kapal Api, Jelas Lebih Enak
Bandung: Antre Foto di Jalan Asia Afrika

Italia

Nikmati Keju di dalam Setiap Lapis Lasagna/Foto: The New York Times

Kuliner khas Italia identik dengan spaghetti dan pizza, which is jenis makanan tersebut memiliki kandungan keju yang cukup banyak, apalagi Spaghetti Bolognaise. Topping pizza juga tidak lengkap jika tidak ada keju.

Negara yang juga terkenal dengan minuman cappucino ini ternyata penghasil keju jenis mozzarella. Keju ini merupakan fermentasi dari susu kerbau, that’s why memiliki warna putih.

Makanan lain selain pizza dan spaghetti, Italia juga memiliki Lasagna yang patut kamu coba. Jenis kuliner ini merupakan pasta yang terbuat dari daging cincang, saus tomat, saus sambal, bumbu-bumbu lainnya, dan keju. Rasanya jangan ditanya lagi, you will fall in love!

Jerman

Bratwurst Menjadi Kuliner Khas Negara Jerman/Foto: eatsmarter.com

Jerman identik dengan bir lezatnya di Bavaria Oktoberfest. Hidangan gurih yang juga dilengkapi keju yaitu Bratwurst, olahan makanan berupa sosis dari daging sapi muda yang dipanggang.

Biasanya disajikan bersama salad yang disebut kartoffelsalat. Adapun keju yang biasa digunakan ialah currywurst yang dibumbui saus tomat dan kari.

Sebagai pelengkapnya ada side dish yang dikenal dengan nama kaesespaetzle, mirip dengan macaroni and cheese. Teksturnya kental mirip dengan pasta gnocchi dan disiram dengan keju Emmental beserta taburan bawang.

London

Camden Cheese Burger
Rasakan Lelehan Keju di dalam Camden Cheese Burger/Foto: www.foodandwine.com

Mungkin kamu sering mendengar keju cheddar karena memang banyak di Indonesia, bahkan terkenal di Amerika. Ternyata keju yang terbuat dari susu sapi ini berasal dari negara Ratu Elizabeth, yaitu Britania Raya atau London.

Keju ini memang cocok melengkapi berbagai jenis makanan di Indonesia, bahkan untuk camilan sehari-hari. Hal ini juga karena harga keju cheddar cukup terjangkau. Berikut harga keju cheddar yang didapatkan dari tokowahab.com.

Jenis KejuBeratHarga
Cheesy Tasty 2 kgRp 130.000
Cheesy Favorite 8 x 2 kgRp 1.200.000
Cheesy Favorite 170 gRp 17.000
Anchor Easy to Grate 8 x 2 kg Rp 1.100.000
Prochiz Cheddar 2 kgRp 100.000
Prochiz Cheddar 170 gRp 14.000
Kraft Cheddar 2 kgRp 160.000
Anchor Easy to Grate 2 kgRp 140.000
Cheesy Favorite 180 gRp 17.000

Adapun makanan khas London yang menggunakan keju cheddar yaitu Camden Cheese Burger. Burger ini memiliki lelehan keju sebagai isinya. So, ketika kamu menggigitnya, rasa keju cheddar khas London akan terasa di mulut.

Apabila kamu ingin membeli keju cheddar untuk melengkapi makanan di rumah bisa memilih merk Anchor, Cheesy, Kraft, dan juga Prochiz. Keju cheddar bisa menjadi teman perjalanan kamu sebagai pelengkap di dalam berbagai makanan, seperti sandwich, macaroni cheese, stick keju, atau dijadikan topping berbagai makanan kesukaan. Traveling kamu akan makin lengkap dengan keju cheddar pilihan terbaik.

Lebanon

Nikmati Topping Keju di Atas Mini Pizza Manakeesh
Nikmati Topping Keju di Atas Mini Pizza Manakeesh/Foto: Tripadvisor

Negara yang memiliki julukan Paris of The Middle East ini juga merupakan penghasil keju terbaik di dunia. Keju yang diproduksi ialah white halloum, yaitu keju jenis ackawi yang ringan dari daerah Siprus. Keju putih ini terbuat dari susu sapi, kambing, atau domba dan memiliki rasa asin.

Makanan khas Lebanon yang wajib dicoba ialah Manakeesh, yaitu pizza mini dengan toping keju, tomat, saus pedas, daging cincang, dan bawang. Dijamin kamu akan memiliki pengalaman kuliner yang menyenangkan.

Prancis

Kehangatan Soup a L’oignon Menciptakan Momen Kelezatan
Kehangatan Soup a L’oignon Menciptakan Momen Kelezatan/Foto: Serious Eats

Apabila kamu traveling ke Prancis jangan lewatkan untuk berkunjung ke Pasar Rue Cler, yaitu toko keju. Ada banyak pilihan jenis keju di pasar tersebut dan kamu, para pecinta keju akan merasa puas mengenal berbagai jenis keju. Keju khas yang bisa kamu temui di Pasar Rue Cler ialah Brie, yaitu keju putih yang paling terkenal.

Makanan yang bisa kamu coba di Prancis ialah Soup a L’oignon yang disebut-sebut sebagai makanan terenak di dunia. Pada zaman Romawi disebut sebagai Sup Bawang Prancis. Sup tersebut berisi rebusan kuah kaldu sapi kental dengan potongan bawang putih, ditambah dengan suwiran ayam dan parutan keju.

Itulah lima negara penghasil kuliner dengan tidak meninggalkan keju di dalam olahannya. Negara tersebut wajib dikunjungi bagi kamu pecinta keju. Selain Keju Cheddar yang kamu kenal di Indonesia, kamu juga akan mengenal jenis keju lainnya dan perpaduan rasanya ketika sudah di dalam olahan masakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.