5 Ide Feed Instagram untuk Kamu yang Suka Traveling

5 Ide Feed Instagram untuk Kamu yang Suka Traveling

Mengembara bukan hanya melatih bagaimana kamu menentukan keputusan, tetapi juga melatih kreativitas di media sosial.

Pastinya tidak jauh-jauh dari media sosial karena platform yang disediakan memang penting untuk bebas eksplore apa pun, misalnya foto. Hampir sebagian media sosial memberikan wadah untuk masyarakat bebas memposting foto-foto mereka.

Biasanya dari feed instagram bisa dilihat mereka tipe traveler yang seperti apa. Karakteristik foto atau kreativitas seseorang bisa dilihat loh orang itu tipe seperti apa. Kalau berbicara soal traveler, perbedaan mereka bisa dilihat dari foto-foto yang di-share.

Tipe Pemula: Biasanya feed instagram isinya foto traveling dengan bukunya karena sering baca buku panduan traveling.

Tipe Pecinta Pantai: Feed instagram isinya pantai, dominan warna biru.

Tipe Fotografer: Feed instagram cenderung random dengan location yang berbeda setiap postingannya dan hampir tidak memiliki foto diri sendiri karena lebih sering jadi kang poto. Bakalan bagus banget fotoin orang, giliran difotoin objek di mana, latar di mana, cahaya di mana, warna di mana.

Tipe backpacker: Feed instagram memiliki objek-objek yang cenderung random. Bahkan jarang memiliki foto sendiri.

Jadi, kamu tipe yang seperti apa?

Mungkin bagi kamu yang suka liburan, traveling, atau backpacker nambah stok foto hukumnya wajib. Pasti banyak yang ingin menceritakan pengalamannya selama liburan dan foto menjadi salah satu hal yang sekaligus bisa mendukung tulisan selama perjalanan. Kalau punyaku ada di Bucket List Journey.

Itu mengapa, instagram menjadi salah satu media sosial favorit untuk berbagi foto dan cerita. Agar instagram kamu tidak acak adul dan enak diliat—pen bet di-stalk—kamu juga harus bisa mengatur feed instagrammu semenarik mungkin.

Aku dulu pernah berburu Spot Foto yang Instagramable di Dago Dream Park Bandung, tetapi tidak belum bisa mengatur feed-nya menjadi sedemikian rupa. Alhasil, foto jadi B aja ketika sudah nangkring di feed instagram. Tidak mau terulang, aku pun nyari ide untuk mempercantik feed instagram dan ini ada ide feed yang mungkin bisa menginspirasi kamu.

Layout Feed Instagram

Belajar Atur Feed Instagram dari Berbagai Referensi @prajna_vita
Belajar Atur Feed Instagram dari Berbagai Referensi @prajna_vita

Layout feed intagram menjadi salah satu hal yang penting untuk membuat pengunjung mau bertahan di profil instagram kamu. Langkah ini juga bisa loh sebagai personal branding kamu. Buku, majalah, website, atau blog aja perlu di-layout tata letaknya supaya mata pengunjung nggak sakit, apalagi instagram yang isinya moment dan foto-foto keren kamu.

Yah, sebagai pemanis lah ya. Semakin layout-nya manis, semakin pengunjung mau berlama-lama di sana. Buat layout yang unik agar meninggalkan kesan bagi pengunjung. Berikut layout feed instagram yang mungkin bisa menginspirasi kamu.

Row by Row

Feed Instagram Gaya Row by Row dari @personaljournalapp
Feed Instagram Gaya Row by Row dari @personaljournalapp

Inspirasi ide feed instagram ini bisa buat kamu yang suka traveling dan suka nulis quotes-quotes pendek. Kombinasi quotes yang dibuat garis horizontal bisa membuat koleksi foto kamu tidak membosankan. Selain quotes, kamu juga bisa mengatur feed dengan sebaris memiliki objek orang, sebaris pemandangan alam, sebaris foto urban, sebaris item-item traveling kamu.

Jika orang melihat koleksi fotomu melulu tentang pantai atau gunung, mereka bosan juga karena tidak ada karakteristik dari kamu. Well, bisa dicoba ya.

Line in the Middle

Layout Quotes Vertikal dari @Tonnijaa
Layout Quotes Vertikal dari @Tonnijaa

Inspirasi feed ini hampir sama dengan row by row, bedanya line in the middle menggunakan garis vertikal. Kamu bisa mengatur fotomu di sebelah kiri, quotes di tengah, dan foto dengan objek manusia di sebelah kanan, atau bisa sesuai dengan kreativitas kamu. Well, silakan berkreativitas.

Rainbow Feed

Kreativitas Rainbow Feed oleh @sarah_peretz
Kreativitas Rainbow Feed oleh @sarah_peretz

Inspirasi ini bisa kamu lakukan sesuai keinginan kamu, tidak mesti harus foto urban, human interest, landscape, atau lainnya. Kamu bisa mengaturnya dengan warna-warni, tetapi diusahakan jangan semuanya warna yang sama agar followers kamu tidak bosan melihatnya ya.

Mix

Mix Feed Kamu Biar Terlihat Kece Seperti Milik @danka_designs
Mix Feed Kamu Biar Terlihat Kece Seperti Milik @danka_designs

Kamu yang males untuk memilah-milah foto apa yang ingin diposting, kamu bisa menggunakan inspirasi ini. Mix foto-fotomu dan buat semenarik mungkin agar followers kamu tidak bosan ketika melihat beranda kamu.

Puzzle

Puzzle Feed/Foto: Pinterest
Puzzle Feed/Foto: Pinterest

Layout puzzle mungkin kerap kali dibuat untuk toko sebagai media promosi produk. Namun, tidak ada salahnya jika kita membuat feed instagram dengan layout puzzle. Memang sedikit sulit karena harus mendesain terlebih dahulu, tetapi akan tampak lebih kreatif. So, why not to try it.

Tentukan Tone Foto

Mengatur layout saja tidak cukup, kamu perlu menentukan tone yang kamu suka agar sedap dipandang mata. Dengan begitu orang akan betah sama kamu *eh, akan betah berada di instagram kamu. Banyak pilihan tone yang bisa menjadi referensi. Berikut akun traveler yang instagramnya punya tone keren.

Jennifer Anandary

Feed Instagram @J_anandary
Feed Instagram @J_anandary

Traveler cantik ini selalu menghasilkan foto-foto keren. Ide jepretannya ada aja. Objek-objek kecil bisa ia ubah jadi tampak bernilai di dalam frame. Selain fotonya yang kece, Kak Je ini membuat feed instagramnya punya tone dengan warna-warna kalem.

Ia juga menulis blog yang isinya detail tentang perjalanannya, mulai dari budgeting, destinasi, hingga itinerary. Bisa banget buat referensi kamu yang ingin traveling. Bisa kunjungi blog Travel & Wander Blog by Jennifer untuk mendapatkan pencerahan sebelum traveling.

Yuki Anggia

Tune Senada dengan Background Foto @yukianggia
Tune Senada dengan Background Foto @yukianggia

Travel Blogger yang satu ini suka banget traveling outdoor, ke tempat-tempat menantang. Style-nya juga selalu kece di setiap foto-fotonya. Tone-nya akan mengikuti warna background foto, sehingga enak dilihat dari atas sampai ke bawah. Kalau mau baca cerita traveling-nya ada di Helter Skelter — Travel et Cetera, bakal betah deh di sana.

Isma Maulida

Feed Instagram @maulidaisma
Feed Instagram @maulidaisma

Instagram Kak Isma Maulida juga perlu kamu kunjungi karena punya tone yang warm. Travel blogger ini pinter banget ngatur bagaimana foto biar sedap dipandang. Highlight story-nya juga punya cover yang senada dengan tone feed-nya. Bikin betah deh ah. Kalau mau baca cerita travel Kak Isma bisa berkunjung ke Santai Sebentar, foto-foto pendukungnya bikin idup.

Ramelia Vitra

Full Color Tetapi Tidak Mencolok @rameliavitra
Full Color Tetapi Tidak Mencolok @rameliavitra

Kak Ramel punya feed instagram yang full color, tapi tenang, tidak terlalu mencolok kok. Tone yang digunakan bisa membuat foto-foto warna cerah lebih warm yang tetap menonjolkan warna cerahnya. Inilah yang harus diakalin untuk foto dengan warna mencolok agar lebih tenang. Bisa menjadi referensi kamu yang suka full color dan tetap bisa enak dinikmati.

Itulah ide feed instagram buat kamu yang punya banyak stok foto traveling dan bingung mau dikemanain. Selain berbagi foto, kamu para traveler juga harus berbagi pengalaman perjalananmu ya agar teman-teman kamu juga terinspirasi untuk ikut mencari sesuatu yang baru di luar sana.

Memang membutuhkan waktu untuk memikirkan ide feed instagram bagaimana yang akan menjadi style kamu. Berkreativitaslah karena generasi millennials dituntut untuk kreatif. Temukan dirimu, buat sesuatu yang baru. CEILLLAAAAH

Comments

  1. Maria Tanjung Sari

    Sepertinya aku tipe backpacker nih. Ga tahu kenapa suka banget lihat foto-foto traveller yang backpackeran. Seperti ada tantangan tersendiri di saat bepergian dengan sistem seperti itu. Selain hemat, juga puas aja. Tipe pecinta pantai juga oke nih mba sepertinya. Lihat yang biru-biru seperti menenangkan.

  2. Mutia Ramadhani

    Duh kalo aku mah sangat sangat super random fotonya kalo traveling. Suka suka aku deh pokoknya. Wkwkwk. Tapi yaaa kalo disuruh milik juga, kayaknya aku lebih ke tipe backpacker deh.

  3. Nisya Setyawan

    Aku coba-coba mengatur feed tapi tetap aja random, hahaha…
    Tips mengatur feed nya oke banget kak, makasih ya infonya… cuma kayaknya akunya aja yang nggak jago menata feed, huhuhu… apalagi mayoritas warna instagramku full color nggak bertema…

    1. Post
      Author
      Prajna Vita

      Sebetulnya full color juga bisa dipercantik kok pake tema full color. Seperti ig punya Kak @rameliavitra. Tune nya aja disamakan, jadi bisa tetep cantik dengan feed yg warna warni

  4. Fionaz isza

    Kalo feed Instagram saya isinya campur-campur mbak, semua ada. Dari makanan, traveling, tanaman, parenting kok ya nyampur jadi satu belum bisa menentukan niche nih.. hehe

    1. Post
      Author
      Prajna Vita

      Kalau ig sih menurut aku nggak terpaku sama nich sih Mba. Bisa apaan aja. Campur2 juga ok ok aja asal bisa milih foto dan mengaturnya di feed agar enak dilihat

  5. Nurhilmiyah

    Yup bener banget ya Mbak kl feed kita itu mestinya emang menampilkan karakteristik diri kita tp proporsional jg yam kl kebanyakan ttg diri kita jd keinget film Mr. Bean’s Holiday yg ke festival film Cannes, haha

    1. Post
      Author
  6. Achdi

    Iya ya kadang iri lihat IG orang-orang rapi banget feednya, ditambah editingnya cakep, sudah sempurna deh jadinya. Saya pernah coba rapikan feed tapi nyatanya saya ga bisa unggah poto seenak jidat, harus bertemakan, tone colornya harus sesuai pula. Akhirnya saya menyerah dan menjadi pengguna IG standar kembali haha

  7. Jihan

    Aku lagi pake line in middle. Dan pengin merombak yg pake tune. Tapi kayaknya susah gitu yaa sama kontenku hihi.
    Thanks for sharing mbaa. Jadi bisa lihat2 mana sekiranya model feed yg cocok buat instagramku.

  8. Andayani Rhani

    Keren-keren ih feednya. Saya sendiri pengen ngefeed tapi kadang masih terkendala waktu dan tempat (sejak psbb)

  9. Pringadi

    Aku kayaknya tipe fotoggrafer
    Dan ga bisa mencerna orang yang jalanjalan di foto bilang aku sudah di oantai apa gitu, tapi mayoritas foto isinya muka dia semua.

  10. Sani

    Aku type backpacker n fotograper kayaknya hehe. Dulu random, terus terinspirasi lihat IG Titi Dj, bgs bgt….
    Akhirnya jd agak nyeni. Meski ga bgs, tp nyesel juga sih, jd dibatasi alias ga bisa suka postingnya haha

  11. Permen coklat

    Kalau aku sii tipe random kak, yang penting mah ada jejaknya. Minimal setelah travelling post 1 foto untuk mengingatkan bahawa kita pernah bepergian ke tempat tersebut.

  12. Susindra

    WAh, yang rainbow itu, berarti pakai template, ya? Postingnya sesuai urutan, gitu. Unik-unik ya. Dan keren lho kalau bisa satu tone gitu. Saya kok jadi pengen ya. Hmm…. Ajarin caranya dong Mbak.

    1. Post
      Author
      Prajna Vita

      Banyak mainan lightroom Mba. Aku juga masih belajar terus, hehehe. Dan pilih satu warna yg harus ada di setiap foto untuk jadi tone andalan

  13. Rini Novita Sari

    Wah kece bangetttt.

    Bagus nih buat ideku. Kebetulan aku suka travelling.

    Emang seger ya bikin feed jadi 1 tone gitu

  14. wahyuindah

    suka banget sama feed instagram yang cute dan satu tone. bisa jadi inspirasi banget nih. makasih banyak mbak udah nulis artikel ini.butuh referensi banget buat mempercantik feed ig. hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.