Rasa Kopi Joss, Minuman Fenomenal Jogja

Kopi Joss Fenomenal Jogja. Foto: Jogja.com

Kopi Joss pertama aku denger dari salah satu temen pecinta kopi. Katanya sih cuma ada di Jogja, thatโ€™s why aku harus banget nyobain. Kopi Joss ini unik, yaitu kopi yang dicemplungin arang. Aku kira Kopi Joss adanya di cafe-cafe gitu, ternyata adanya cuma di angkringan.

Selain berburu Kopi Joss, kuliner lain di kota Jogja harus dilakukan. Ketika traveling ke Cirebon juga nemuin makanan yang mirip dengan kuliner Jogja.

Aku coba menyusuri Jl. Malioboro yang dekat dengan Stasiun Yogyakarta dan di situlah deretan angkringan banyak menyediakan Kopi Joss. Bebas pilih mau yang mana, asal yang masih buka aja. Kalau aku pilih Kopi Joss Pak Hendrix. Harga Kopi Joss di angkringan hanya Rp7.000,-. Angkringan Kopi Joss lainnya yang Populer di Jogja bisa kamu cek di sini.

Kopi hitam dicelupin arang atau bara api. Kebayang nggak sih rasanya gimana? Ya, rasa kopi dan inilah tiga rasa kopi yang aku temuin menurut lidahku di dalam Kopi Joss.

Manis

Kopi Joss Dominan Manis. Foto: Indonesiaone.org

Kalau buat aku Kopi Joss ini terlalu manis. Mungkin mereka menyesuaikan dengan mayoritas pengunjung yang memang datang hanya untuk nongkrong lalu ngopi. Jika dijelaskan karakteristiknya, jujur saja aku tidak tahu apa yang khas dari Kopi Joss karena rasa manisnya terlalu mendominasi.

Meskipun begitu, aku masih nemuin sedikit-sedikit rasa kopi dari biji kopi pilihan, bukan dari kopi sachet. Ini karena keseringan cicap-cicip kopi beneran plus membeli gaya hidup seperti di Jacob Koffie Huis: Ngopi Seperti Rumah Sendiri. Setidaknya tahu mana kopi yang bagus dan tidak.

Body Lebih Light

Body Kopi Joss lebih Light. Foto: Prajna Vita

Body dari Kopi Joss ini lebih pekat. Bisa terlihat dari warna kopinya yang lebih gelap. Hal ini mungkin dari jenis kopi yang digunakan, cara penyeduhannya, ditambah lagi dengan adanya tambahan arang.

Awal kali lihat dari body-nya, kelihatannya rasa kopi tersebut lebih dominan pahit, ternyata sudah terkalahkan dengan manisnya. Masih tetap ada pahit-pahitnya sih, tapi bagiku karena sudah ada tambahan gula, rasa pahitnya jadi aneh.

Ngeres di Lidah

Mengandung Serpihan-serpihan Arang di dalam Kopi Joss. Foto: doktersehat.com

Ngeres itu bisa berarti kotor. Adanya arang yang dicemplungin ke dalam kopi tersebut membuat air kopi tambah dengan serpihan-serpihan arang. Alhasil, ketika kopi diminum kamu akan merasakan ada sedikit serpihan-serpihan arang yang tercampur di dalamnya. Hal ini membuat lidah terasa kesat setelah meminumnya. Mungkin karakteristik dari Kopi Joss adanya di sini.

Jangan beranggapan bahwa arang menyebabkan air kopi menjadi kotor. Bahkan, arang membuat air menjadi bersih. Arang sering digunakan sebagai nutrisi tanaman hidroponik untuk membersihkan air-air rendaman tanaman tersebut. Pernah liat tanaman hias dengan media air? Selain memasukkan pasir kasar dan batu hias, terkadang juga memasukkan arang ke dalam air tersebut. Gunanya agar air tetap bening.

Lalu, ngomongin aman atau tidaknya, aku juga belum tahu pasti. Apabila tidak aman dan merusak kesehatan pasti Kopi Joss sudah masuk dalam list Badan POM dan diberhentikan peredarannya. Nyatanya, setelah minum kopi ini perut tidak ada masalah dan alhamdulillah aku tidak mati dan sehat wal afiat sampai saat ini.

Comments

    1. Post
      Author
      Prajna Vita

      Awalnya saya juga takut tidak aman karna arangnya itu, tapi setelah minum kopi joss saya baik-baik saja kok, hehe

  1. Putu Sukartini

    Wah unik banget ini kopinya ya
    Gak kebayang sih rasanya kalau ditambahin arang kayak gitu
    Trus aromanya agak hangus-hangus atau tetap aroma kopi yang harum semerbak itu ya?

    1. Post
      Author
  2. Icha Marina Elliza

    Apa baca “dicemplungin arang” kesannya serem ya Mba. Tapi setelah dipikir-pikir iya yah, gak dilarang BPOM kok..
    Ini arang yang dicemplungin apakah arang khusus atau arang biasa saja Mba?

    1. Post
      Author
      Prajna Vita

      Wah, kurang tahu nih arang yang dipakai itu arang khusus atau beda dengan arang yang di warung sate., hehe

    1. Kokoh Hendra

      Wah…Iya-iya kopi joss dengan bermacam khasiyatnya dari menyembuhkan sakit perut hingga menyegarkan badan.

  3. Mutia Ramadhani

    Waduh ini kopi legend bangetttt yaaaa. Saya pernah icip-icip punya teman pas lagi nongkrong di angkringan Jogja jaman masih mahasiswa dulu. Ngeri ngeri sedap pertama nyobanya. Eh, begitu diicip, boleh jugaaaaaa.

    1. Post
      Author
      Prajna Vita

      Sama Mba. Awalnya takut nyoba, tapi harus nyoba biar nggak penasaran terus. Eh, leh uga ternyata, wkwkw

  4. haniwidiatmoko.com

    Namanya aja udah Joss. Kopi Joss. Paten nih. Musti nyoba deh kalau ke Yogya. Kayaknya yang dingin enak nihโ€ฆ.

  5. BayuFitri

    Waduh sy pernah ke Yogya diminta nyobain kopi joss tak liatin aja..masih takut nelen serpihan arangnya..tp bnr jg ya klo berbahaya pasri sdh dilarang..cuma sayanya aja yg masih blm berani hehe

  6. shyntako

    Udah tau dari lama soal kopi Joss ini tapi belum sempet cobain sih karena aku kurang suka black coffee, maklum pecinta kopi jadi-jadian alias sukanya kopi susu tapi juga yang gak terlalu manis. Nice sih kopi Joss ini merupakan kearifan lokal Jogja menurutku

  7. Nomsaa

    Baru tau kalo rasanya ga sepahit yg saya bayangkan. Apalagi dicampur arang. Padahal 4 tahun hidup di jogja tp belum pernah sekalipun cobain kopi jos. Hahaha

  8. Lastri

    Dan buatku, kopi joss ini emang beneran jos karena bikin mata melek sampe pagi. Cocok karena waktu mampir ke sini lagi mau perjalanan ke surabaya dan abis ngopi kita bisa terus lanjut jalan. Udah gitu, kopinya ini ga bikin degdegan padahal kupikir bakal agak ‘keras’

  9. Susindra

    Saya pernah minum di sini, kalau tidak salah sekitar 20 tahun yang lalu. Enak sekali rasanya. Sangat khas karena ada arangnya itu. Tak ada di tempat lain.
    Menurut saya aman, kok. Itu kan kebiasaan saja. Malah jadi wisata rasa beneran. Kalau saya….

  10. Kornelius ginting

    Minuman yang belum kesampaian untuk dicoba langsung… namun beberapa orang menyarankan untuk tidak mengkonsumsinya karena ya you knowlah kak..arang dibakar trus dicampur di kopi trus diminum… tapi saya masih penasaran sich…๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

  11. inna

    Wahh pengen tau juga sie nie namanya kopi Joss , kalau di yogya apa di mana ya kopi klotok ya yang pakai arang gitu lupa aku, tapi beneran pengen coba rasa dan liat langsung cara buatnya seru kali ya kak.

  12. Andayani Rhani

    Mantab sekali mbak, saya sendiri punya cerita unik waktu di jogja. Saat itu lagi liburan anak satu ekstrakurikuler, waktu mau pindah tempat beberapa orang dikabarkan hilang. Setelah berjam-jam mencari ternyata lagi nongkrong di angkringan kopi jos.

  13. Annisa Tang

    Wah sebagai penikmat kopi, rasanya wajib banget nih kalau ke Jogja lagi cobain Kopi Joss. Penasaran sama tulisan kalau rasanya dominan manis, padahal kopi kan sudah pahit trus diarangin pula.

  14. arigetas.com

    Ngeres di lidah itu lebih baik daripada ngeres di pikiran. Eh.. becanda ๐Ÿ˜€

    Sebelnya saya sama diri sendiri adalah… kopi jos itu ada di dekat saya tinggal. tetapi sampai dengan detik ini, saya belum pernah sama sekali nyobain. ahhaha. parah.

  15. Blogger Medan - Ririn Wandes

    Beberapa kali main ke Jogja tapi belum sempat cobain kopi joss ini. Katanya memang famous ni kopi yah mbak. Itu ngeres berarati terasa kasar-kasar juga ketika diminum yah,hihihi. Sepertinya next time, boleh cobain deh biar tahu gimana warna sebenarnya dan rasa tentunya.

  16. Ihwan H

    Saya juga sudah pernah nyobain kopi joss di dekat Stasiun Tugu, sebenarnya ga begitu suka ngopi hanya mengobati rasa penasaran saja.
    Tapi setelah baca tulisan ini saya jadi kangen pengin nyobain lagi hehehe

  17. Irra

    Saya pernah cona kopi joss tapi entah kenapa kurang suka rasanya. Mungkin karena pakai arang kali ya jadi agak gimanaaa gitu perasaannya.

    1. Post
      Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.