Pantai Jayanti yang Bisa Bikin Kamu Dapetin Foto Kece

Senja Tak pernah berbohong bagaimana keindahan semesta

PERJALANAN touring pada September 2017 lalu lokasi kedua yang saya kunjungi ialah Pantai Jayanti. Cerita touring ini juga saya tulis Di Sinilah Seninya Touring dan Touring Ditemani Kopi Kapal Api, Jelas Lebih Enak.

Masih berada di Sindang Barang, Cianjur, Jawa Barat. Lokasi Pantai Jayanti tak jauh dari Pantai Sereg, yang ceritanya saya tulis di Sereg, Sajikan Keindahan Pantai dari Ketinggian. Perjalanannya pun masih menyusuri pantai.

Beberapa kali melewati jembatan dengan pemandangan sungai yang indah. Di sungai tersebut ada beberapa kapal yang singgah dan airnya terlihat sangat biru. Sungguh menampilkan bagaimana keindahan dunia.

Kami tiba di Pantai Jayanti pada pukul 16.00. Biaya masuk yang kami keluarkan hanya Rp 5.000 untuk motor, sedangkan mobil Rp 10.000. Pantai yang memiliki bebatuan ini menurut saya lebih indah dibandingkan Pantai Sereg yang terkesan panas.

Jayanti memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak cukup besar. Itu mengapa selalu terpampang plang peringatan untuk tidak mandi di pantai tersebut.

Meskipun cukup berbahaya mandi di Pantai Jayanti, kamu tidak perlu khawatir karena masih bisa mengunjungi beberapa spot untuk foto atau melihat kegiatan lainnya.

Bebatuan Pantai

Suara Deburan Ombak akan Terasa di Bebatuan Pantai Jayanti. Foto: Prajna Vita

Bebatuan yang menumpuk di sisi selatan cukup besar sehingga tepat dijadikan objek foto. Tidak jarang pengunjung lebih banyak menumpuk di lokasi tersebut dibandingkan di sisi sebelah utara.

Adanya bebatuan yang cukup besar dan menumpuk membuat ombak terkadang mampu melewati bebatuan itu. Apabila berada di lokasi tersebut diusahakan untuk tidak terlalu jauh karena ombak bisa menyeretnya. Cukup berbahaya memang, tetapi keindahan lautnya bisa dinikmati ketika berada jauh di atas batu.

Dari beberapa pantai yang saya kunjungi, baru kali ini saya berkunjung ke pantai dengan bebatuan yang cukup banyak dan besar-besar. Meskipun saya juga pernah ke Bali dan Nontoni Paralayang di Pantai Pandawa Bali, tetapi tidak ada deburan ombak yang dahsyat membentur bebatuan. Ombak yang masuk ke dalam sela-sela batu membuat estetika tersendiri ketika masuk ke dalam frame foto.

Tebing

Tebing Pantai untuk Melihat Deburan Ombak dari Atas
Tebing Pantai untuk Melihat Deburan Ombak dari Atas. Foto: Rian

Mendapatkan foto di tebing menjadi favorit pengunjung. Tebing dibuat dengan susunan batu kotak-kotak yang memanjang hingga ke tengah pantai. Apabila kamu berada di atasnya, kamu akan melihat deburan ombak di bawah. Sangking kencangnya, terkadang deburan air tersebut juga bisa sampai atas, jadi perlu hati-hati.

Kapal Ikan

Kapal Ikan di Pantai Jayanti Cianjur
Kapal Ikan di Pantai Jayanti Cianjur. Foto: dolanyok.com

Selain pantai, Pantai Jayanti juga memiliki lokasi yang bisa kamu kunjungi, yaitu kumpulan kapal ikan. Kamu akan melihat kapal yang pulang berlayar dan membawa banyak ikan. Nantinya ikan tersebut akan dijual dan ada kongsi ketika kamu keluar pantai.

Bisa dikatakan bahwa penduduk di sekitaran Pantai Jayanti memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Ikan menjadi sumber penghasilan mereka dan banyak pengunjung yang pulang membawa ikan-ikan segar untuk dimasak di rumah.

Lokasi ini juga bisa menjadi spot foto yang keren apabila kamu bisa mendapatkannya. Di lokasi ini, saya juga bisa lebih tahu bagaimana kehidupan seorang nelayan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.