Gagal Traveling, Ini yang Aku Lakuin Biar #DiRumahAja Tetap Punya Referensi Trip

Bucket List/Infografis: Prajna Vita

Awal bulan Maret aku sudah mengamankan kursi kereta ke Semarang untuk pemberangkatan bulan April. Setelah tiket aman, selanjutnya survei kamar hotel, lalu mengatur itinerary. Hal terakhir yang perlu aku lakukan ialah list barang yang wajib dibawa saat traveling.

Sampai aku nyiapin Emeron Hijab Care untuk aku bawa ke Semarang agar rambut aku yang berhijab tidak lagi lepek, rontok, dan berketombe. Pengalaman rambut lepek yang membuat aku tidak nyaman selama traveling nggak mau terulang lagi.

Kemudian, seminggu kemudian Indonesia mengumumkan kasus virus Corvid-19 dan semakin hari semakin parah. Kebijakan #DirumahAja pun semakin diperketat. Alhasil, planning ke Semarang tahun ini harus batal.

Tipe orang yang suka traveling, lalu dipaksa stay at home dalam jangka waktu yang lama? Tenang, jangan takut gila. Semua pasti ada hikmahnya. Banyak kegiatan positif yang bisa kamu lakukan selama di rumah aja.

Ini kegiatan aku ketika harus gagal ke Semarang dan harus stay at home. Emeron Hijab Care tetap membuat aku nyaman ngelakuin banyak hal di rumah. Ayo, #DengarkanHatimu dan cari hal-hal positif yang bisa kamu lakukan.

Baca Referensi Travel Blogger

Baca Buku Seharian, Puas Tanpa Takut Rambut Lepek
Baca Buku Seharian Selama #dirumahaja, Puas Tanpa Takut Rambut Lepek

Meskipun selalu survei sebelum traveling, tapi pasti lebih banyak mencari informasi, dibandingkan pengalaman atau keseruan orang. Biasanya, pengalaman traveling orang lain lebih seru di samping informasi yang bisa kita dapatkan.

Tidak ada salahnya, kita hunting pengalaman traveler lain untuk bisa diterapkan ketika kita traveling. Selama di rumah aja, aku lebih banyak baca buku tentang traveling dan travel blog yang memiliki cerita traveling, misalnya tentang sosialisasinya dengan penduduk lokal, atau cerita tentang kebudayaan di daerah yang mereka kunjungi.

Nonton Film

Nyaman Nonton Film Seharian Tanpa Rambut Lepek
#dirumahaja Tetap Nyaman Nonton Film Seharian Tanpa Rambut Lepek

Nonton film salah satu kebiasaan rutin aku seminggu sekali dan semenjak di rumah aja aku bisa nonton tiap hari. Bagiku, nonton film itu salah satu cara mendapatkan inspirasi. Bukan tentang alur ceritanya saja, tetapi juga setiap shot dalam adegan menjadi referensi aku dalam pengambilan gambar.

Tahu sendiri kan, traveling itu harus bisa mendapatkan view yang bagus. Aku yang skill fotografinya pas-pasan, nonton film bisa nambah kepekaan terhadap keadaan sekitar.

Belajar Bahasa Asing

Belajar Tidak Ada Batasnya Meski #Dirumahaja
Belajar Tidak Ada Batasnya Meski #Dirumahaja

Sebetulnya masih berkaitan dengan nonton film, karena belajar bahasa asing juga bisa dilatih dengan menonton film. Selama di rumah aja, aku memanfaatkan waktu luang untuk melatih bahasa asing, terutama Inggris lewat nonton film dan online learning. Biar kalau traveling ke luar negeri nggak malu-maluin banget pas ngomong.

Pengen ningkatin skill bahasa sih dari dua tahun lalu, tapi karena (sok) sibuk, keinginan itu hanya fiktif belaka. Dan, sekarang lah kesempatannya.

List Tempat-tempat Keren, Unik, dan Kuliner Khas

Ketika #dirumahaja, Punya Waktu untuk Bikin Bucket List/Foto: Prajna Vita
Ketika #dirumahaja, Punya Waktu untuk Bikin Bucket List/Foto: Prajna Vita

Selama belum bisa traveling secara langsung, akhirnya traveling daring pun terjadi. Kalau online begini malah bisa keliling seluruh dunia. Nah, sambil menunggu pandemi corona ini berlalu, di rumah aku membuat list kota-kota atau negara yang mempunyai tempat keren, unik, dan kuliner khasnya.

Seperti sebelum ke Cirebon, ya aku harus tahu apa saja Kuliner Cirebon yang legendaris. Ketika ke Jogja aku harus cari yang namanya Kopi Jos yang katanya wajib dicicipi, atau ketika aku ke Thailand, aku harus hunting Street Food Thailand yang unik dan worth it.

Aku yang ingin ke Italia, meski perut kadang kontra dengan keju, tapi aku selalu ingin tahu makanan dengan bahan keju. Mungkin suatu saat nanti aku bisa mendatangi tempat unik itu secara langsung. Semoga saja……

List Barang yang Wajib di Bawa Saat Traveling

Emeron Hair Care, Bawaan Wajib Saat Traveling untuk Jelajah Lebih Nyaman/Foto: Prajna Vita
Emeron Hair Care, Bawaan Wajib Saat Traveling untuk Jelajah Lebih Nyaman/Foto: Prajna Vita

Meskipun libur traveling, tapi tidak ada salahnya membuat list barang bawaan traveling agar tidak tergopoh-gopoh ketika akan berangkat traveling. Biasanya, untuk packing aku membutuhkan minimal tiga hari sebelumnya dan membuat list barang apa saja yang wajib dibawa sekitar satu bulan sebelumnya.

Hal itu aku lakuin sebagai cara meminimalisir tenaga dan pikiran sebelum berangkat. Bayangin saja, besok mau traveling malam ini sudah lelah duluan karena mikirin barang apa yang harus dibawa. Aku nggak mau pikiran dan tenagaku terkuras di awal.

Di dalam Bucket List, aku selalu membuat list garis besar kelas barang yang wajib dibawa saat traveling. Ada enam kelompok barang yang harus aku masukin ke list sebelum traveling.

Perlengkapan Traveling

Traveling Item, Barang yang Wajib Dibawa/Foto: Prajna Vita
Traveling Item, Barang yang Wajib Dibawa/@Prajna Vita

Perlengkapan traveling inilah yang paling utama dan jangan sampai tertinggal, apalagi bagi kamu yang akan traveling ke luar negeri.  Berikut perlengkapan traveling yang wajib dibawa sebelum berangkat.

Fashion

Fashion Item untuk Traveling Makin Kece/Foto: Prajna Vita
Fashion Item untuk Traveling Makin Kece/Infografis: Prajna Vita

Inilah yang paling membutuhkan waktu lama saat packing. Memilih jenis fashion yang cocok dengan destinasi yang dikunjungi menjadi salah satu hal yang penting.

Penampilan akan lebih membuat seseorang bukan hanya jalan-jalan dan mengenal tempat yang disinggahi, tetapi juga bisa tampil kece. Salah satu alasannya ialah sosial media, karena terkadang aku pun akan bilang “Biar OOTD-nya kece pas upload”. Eaaaaa

Electronic

Electronic Item/Infografis: Prajna Vita
Electronic Item/Infografis: Prajna Vita

Barang elektronik sangat penting karena ponsel pintar akan sangat dibutuhkan. Barang-barang elektronik merupakan barang yang akan membantu kita di tempat tujuan. Smartphone akan selalu digunakan untuk browsing, foto, menggunakan berbagai aplikasi, termasuk maps.

Skin Care

Skin Care Item/Infografis: Prajna Vita
Kesempatan Nge-list Skin Care Item ketika #Dirumahaja/Infografis: Prajna Vita

Bagi wanita mungkin skin care dan make up menjadi barang yang wajib dibawa saat traveling. Barang-barang kecantikan itu memang untuk menunjang penampilan selama eksplor tempat-tempat wisata. Sejatinya, wanita tidak lepas dari skin care, jadi terasa kehilangan belahan jiwa apabila tidak terbawa.

Vitamin

Vitamin mungkin sepele, tetapi apabila ketinggalan bisa mengganggu perjalanan selama traveling. Kelelahan itu juga tidak hanya fisik, tetapi juga pikiran. Nah, kamu nggak mau dong jatuh sakit karena kelelahan di perjalanan. Untuk itu, agar tubuh tetap terjaga, jangan lupa selalu bawa vitamin.

Toiletries

Travel Item Wajib Dibawa Wanita/Foto: Prajna Vita
Travel Item Wajib Dibawa Wanita/Foto: Prajna Vita

Perlengkapan mandi tentu saja jangan sampai terlewatkan. Apabila kamu traveling dengan sponsor besar dan tidur di hotel mewah mungkin akan mendapatkan perlengkapan mandi penuh, kecuali facial foam. Namun, apabila kamu traveling dan menginap di penginapan yang hemat atau bahkan hostel kapsul, sebaiknya persiapkan sendiri segala macam perlengkapan toilet.

Aku selalu membawa shampoo saat traveling. Awalnya aku menyepelekan membawa shampoo karena bagiku nggak penting-penting banget. Lah wong aku pake kerudung, rambut lepek juga nggak ada yang liat. Namun, aku pernah merasa nggak nyaman waktu hari kedua karena kulit kepala aku terasa gatal.

Bayangin saja, hari pertama aku full di luar, pergi dari tempat satu ke tempat lain. Kulit kepala yang tertutup terpapar sinar matahari dan malamnya hanya mandi tanpa membersihkan rambut. Alhasil, hari kedua ketika aku melanjutkan perjalanan, rambut aku nggak karuan rasanya.

Punya pengalaman seperti itu, tentu saja aku nggak akan ngulangin lagi dan selalu prepare shampoo untuk tetap menjaga kulit kepala selama ekplore tempat wisata. Kulit kepala yang lembap dan segar serta bebas lepek seharian, traveling semakin seru.

Mengapa Memilih Emeron Hair Care?
Emeron Hair Care Bikin Nyaman Ngelakuin Banyak Hal #Dirumahaja/Foto: Prajna Vita
Emeron Hair Care Bikin Nyaman Ngelakuin Banyak Hal #Dirumahaja/Foto: Prajna Vita

Rambut berhijab itu lebih besar risikonya menjadi lepek, ketombean, dan rontok. Jadi, harus rajin dibersihkan agar aktivitas sehari-hari, khususnya di luar rumah lebih nyaman dan tanpa gangguan gatal.

Soal perawatan rambut aku memang selektif, nggak mau sembarangan menggunakan produk yang tidak pasti kandungan bahannya. Aku sih memilih Emeron Hijab Nutritive Shampoo Clean & Fresh.

Kandungan Bahan Emeron Hair Care
Bersama Emeron Hair Care, Jelajah Saat Traveling Lebih Puas
Bersama Emeron Hair Care, Jelajah Saat Traveling Lebih Puas

Kandungan MOC Parfume-nya bikin rambut aku terhindar dari bahu apek dan wangi sepanjang hari. Aktivitas seharian di luar ataupun di dalam ruangan saat masa pandemi kayak gini kulit kepala tetap nyaman.

Active Provit Amino yang diperkaya dengan Tea Tree Oil membuat kulit kepala tetap lembap, sehingga tidak terasa gatal dan memperkuat akar rambut. Kalau biasanya selepas memakai hijab, rambut rontok pasti ada, sekarang aman, rambut aku tetap tebal dan wangi.

Kemasan
#Dirumahaja Bisa Goleran dengan Nyaman Seharian
#Dirumahaja Bisa Goleran dengan Nyaman Seharian

Kenapa aku ingin membawa Emeron Hair Hair Care? Salah satunya ialah enteng dibawa, sehingga tidak terlalu memberikan beban pada barang bawaan traveling aku. Kemasan yang terbuat dari plastik dengan isi 170 ml pas untuk aku bawa traveling. Meskipun kemasan menggunakan plastik, tetapi ketebalannya tidak membuat botol cepat pecah apabila terbanting. Tetap aman kok dibawa ke mana-mana.

Kalau untuk desain, aku suka dengan warna-warna soft-nya, tetap elegan dan memberikan warna yang wanita banget. Kebetulan Emeron Hijab Clean & Fresh ini warna hijau dan aku sukaaa, dilihat adem.

Varian
Gemeeesh Banget Sama Wangi dan Lembutnya Rambut Aku
Gemeeesh Banget Sama Wangi dan Lembutnya Rambut Aku Bikin Betah #dirumahaja

Emeron Hair Care punya banyak varian yang bisa kamu pilih dan memiliki kandungan serta manfaat yang bermacam-macam. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan, sehingga masalah rambutmu bisa teratasi dengan tepat. Seperti aku yang memilih Emeron Hijab Clean & Fresh karena untuk menghindari bahu apek dan rambut rontok. Agar rambut aku tetap terawat meski tertutup sepanjang hari.

Varian Emeron Hair Care dan kandungan setiap variannya bisa kamu cek di www.emeronhaircare.com. Pilih sesuai kebutuhan rambutmu ya, agar rambut tetap terjaga dengan baik.

Itulah barang yang wajib dibawa ketika traveling. Pastikan list jauh-jauh hari untuk menghindari ketinggalan barang karena hanya diingat dalam satu waktu. Biasanya aku selalu mencicil packing agar otak tidak bekerja keras di H-1 keberangkatan. Jadi, H-1 keberangkatan aku gunakan untuk mencari referensi foto dan content.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.