Itinerary 2 Day 1 Night Pulau Harapan

Pulau Seribu jadi destinasi yang pengen banget aku kunjungi dari enam tahun lalu, tapi belum tahu mau ke pulau mana. Mau liat laut bersih di area yang tidak jauh dari Jakarta. Jatuhlah pilihan trip 2 day 1 night Pulau Harapan, di mana pulau ini merupakan pulau yang lumayan jauh dibandingkan pulau yang umum dijadikan tempat wisata.

Sebenarnya eksplore Pulau Harapan hanya dengan 2 hari 1 malam itu tidak cukup, tapi mau bagaimana lagi? Sebagai budak corporate ya hanya punya waktu di weekend. Kebetulan ada beberapa teman yang ingin ke Pulau Seribu juga, akhirnya nentuin tanggal berdasarkan survei cuaca dan langsung sikat.

Hanya punya waktu dua hari tentu saja perlu mengatur waktu sedemikian rupa agar jelajah pulau Harapan tidak mengecewakan. Aku yang nggak mau ribet dan ada 13 orang juga yang setuju untuk trip bareng ke Pulau Harapan, akhirnya memilih agent travel. Jadi bisa lebih murah dengan trip group. Inilah itinerary aku di Pulau Harapan.

DAY 1 Pulau Harapan

Bagaimana Menuju Pulau Harapan?

Menuju ke Pulau Harapan aku berangkat dari Dermaga Kali Adem, Muara Angke. Sebenarnya bisa juga dari Marina, apabila kamu ingin menggunakan kapal yang lebih bagus. Kapal dari Kali Adem kisaran 50 sampai 80 ribu, sedangkan dari Marina ada pada kisaran 200 sampai 400 ribu.

Waktu tempuhnya juga berbeda, kapal dari Marina akan lebih cepat dibandingkan dari Kali Adem. Bagi kamu yang doyan traveling atau jalan-jalan, pasti menginginkan low budget, jadi bisa ambil kapal dari Kali Adem. Kalau aku pake kapal KM Sena Ekspress harga Rp 65.000, perjalanan sekitar 3 jam.

Suasana Kapal Menuju Pulau Harapan/Prajna Vita
Suasana Kapal Menuju Pulau Harapan/Prajna Vita

Ini pengalaman pertama menggunakan transportasi laut dan pengen nyobainnya udah lama banget. Kaliatannya seru. Aku yang orangnya nggak gampang mabok dengan pede-nya nggak prepare dan merasa kuat. Alhasil, oleng pun terjadi. Perjalanan selama 3 jam ke Pulau Harapan, sungguh, penuh cerita.

Homestay Rumah Penduduk

Di kepulauan Seribu, sebagian besar homestay atau penginapan ialah rumah penduduk. Ada sih yang menggunakan penginapan dan lebih eksklusif, tetapi harganya juga menyesuaikan. Aku tiba di Pulau Harapan sekitar pukul 11.30 dan langsung menuju ke homestay.

Enaknya menggunakan agent travel itu segalanya sudah disiapkan, termasuk makan salama dua hari. Setibanya di homestay sudah tersedia makan siang, jadi tidak usah repot cari makan lagi.

Snorkling

Pertama Kali Snorkling/Dokumentasi Pribadi
Pertama Kali Snorkling/Dokumentasi Pribadi

Itinerary inilah yang ditunggu-tunggu. Jujur, takut takut tapi mau sih. Takutnya karena nggak bisa berenang, eh, belum bisa. Maunya ya ingin merasakan betapa indahnya bawah laut Indonesia. Kita dibawa menyusuri lautan kembali dengan kapal yang lebih kecil. Well, ini better karena lebih terbuka, jadi seperti naik wahana. Kami menuju ke salah satu pulau kecil tak berpenghuni yang digunakan sebagai spot snorkling.

Semua peralatan sudah siap dan tutorial juga sudah dijelaskan oleh travel guide. Kamu juga tidak perlu takut karena akan didampingi oleh guide tour profesional. Ketika snorkling, usahakan manfaatkan kesempatan ini untuk melihat keindahan bawah laut. Asli, cantik banget dan akan bikin kamu nggak mau mencemari lautan Indonesia.

Pulau Dolphin

Sudah Kenyang Lanjut Foto-foto di Pulau Dolphin/Dokumentasi Pribadi
Sudah Kenyang Lanjut Foto-foto di Pulau Dolphin/Dokumentasi Pribadi

Setelah snorkling, pasti laper dan kami pun menuju ke Pulau Dolphin untuk istirahat dan jajan. Pulau Dolphin merupakan pulau yang digunakan sebagai tempat camping. Ada banyak pengunjung yang mendirikan tenda di pulau kecil ini. Memang kecil karena dari ujung timur kamu akan bisa melihat pantai sebelah barat. Usahakan kamu pakai sendal ya kalau ke pulau ini karena pasirnya lumayan tajam-tajam.

Golden Hour di Pulau Perak

Sunset di Pulau Perak Jadi Schadule Paket Trip 2 Day 1 Night Pulau Harapan/Prajna Vita
Sunset di Pulau Perak Jadi Schadule Paket Trip 2 Day 1 Night Pulau Harapan/Prajna Vita

Kunjungan berikutnya ialah pulau Perak. Ini nih kesempatan yang aku tunggu-tunggu. Sudah berkali-kali ingin menikmati golden hour di pantai belum juga kesampaian dan kali ini benar-benar tersampaikan. Pulau yang memiliki luas 3,06 AH ini merupakan hutan pinus dan lebih luas dari Pulau Dolphin. Sampai di sini aku berasa seperti di film Harry Potter, Hutan Pinusnya seperti Hutan Terlarang :D.

Di dalam hutan pinus tersebut juga terdapat beberapa pengunjung yang nge-camp, itu berarti dipastikan aman. Pantai di Pulau Perak ini cakep karena terdapat pohon-pohon pantai di setiap tepinya. So, bisa bikin foto kamu lebih manis.

BBQ

Paket 2 Day 1 Night Pulau Harapan Sudah Include dengan BBQ di Tepi Pantai/Ilmy
Paket 2 Day 1 Night Pulau Harapan Sudah Include dengan BBQ di Tepi Pantai/Ilmy

Setelah seharian menikmati laut dan pantai. Malamnya tidak cukup untuk jajan saja. Kami pun lanjut BBQ di tepi pantai. Ini menjadi momen kebersamaan bagi kamu yang menggunakan trip group. Kamu bisa menikmati cumi, sosis, dan ikan bakar dengan saos padang yang sudah disediakan. Inilah enaknya menggunakan paket tour, BBQ sudah dipersiapkan. Kita tinggal bakar dan makan.

Day 2 Pulau Harapan

Sunrise di Ujung Dermaga Pulau Harapan

Jangan Lewatkan Sunrise Ketika 2 Day 1 Night di Pulau Harapan/Prajna Vita
Jangan Lewatkan Sunrise Ketika 2 Day 1 Night di Pulau Harapan/Prajna Vita

Rugi kalau traveling bangun siang. Pulau Harapan punya spot untuk menikmati sunrise Gaes. Kamu bisa pergi ke ujung dermaga dan menikmatinya hingga tepi pantai karena laut akan surut. Tekstur tanah akan terlihat dan kamu bisa turun untuk menikmati sunrise lebih dekat.

Penangkaran Penyu di Pulau Kelapa Dua

Kamu Bisa Mencoba Memegang Penyu, Tapi Tetap dengan Hati-hati ya/Dokumentasi Pribadi
Kamu Bisa Mencoba Memegang Penyu, Tapi Tetap dengan Hati-hati ya/Dokumentasi Pribadi

Melihat penangkaran penyu menjadi list favorit kami. Kamu akan diajak melihat perkembangan penyu, dari yang masih anak hingga yang siap dilepaskan kembali ke laut. Kamu juga akan ditunjukkan oleh petugas penangkaran berbagai jenis penyu. Ada penyu hijau, penyu sisik, dan jenis penyu lainnya.

Jambatan di Tengah Mangrove Sangat Instagramable/Ilmy
Jambatan di Tengah Mangrove Sangat Instagramable/Ilmy

Pulau ini juga memiliki pertanian mangrove dan punya spot foto yang oke. Di sini nih kami mendapatkan foto paling banyak. Berbeda dengan Mangrove Park Pekalongan. Apabila di Pulau Kelapa Pertanian Mangrove-nya jadi spot, Pesona Mangrove Park Pekalongan jadi Taman Bakau di Atas Danau Alami. Jadi, kita diajak menyusuri hutan mangrove dengan kapal kecil.

Pertanian Mangrove Jadi Spot Foto Pengunjung/Ilmy
Pertanian Mangrove Jadi Spot Foto Pengunjung/Ilmy

Kembali ke Pulau Harapan dan OTW Jakarta

Sebelum pulang ke Jakarta, kami kembali ke Pulau Harapan untuk mengambil barang-barang yang sudah di-packing di homestay. Perjalanan ke Jakarta menggunakan kapal Garuda dengan harga Rp 60.000 yang berangkat pukul 11.00 dan tiba di Pelabuhan Kali Adem pukul 3 sore. Kemudian langsung menuju ke pemberhentian busway dan siap menuju rumah.

Itulah itinerary 2 day 1 night Pulau Harapan. Aku yang suka dengan transportasi umum dan mengatur itinerary sendiri, kali ini memilih menggunakan paket tour karena trip kali ini harus jelajah pulau dan repot apabila menggunakan perahu secara mandiri.

Budget Paket Trip 2 Day 1 Night Pulau Harapan

Kali ini aku menggunakan paket tour Ilmy Island dengan memilih paket yang sudah disediakan. Info harga dan paketnya kamu bisa cek instagramnya di @Ilmy_Island. Puas sih dengan pelayanannya dan guidenya. Untuk budget yang aku keluarin Rp 350.000 per orang karena satu grup ada 13 orang. Harga segitu sudah include semuanya. Apabila pesertanya lebih banyak, harga per orangnya juga semakin murah.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan alat-alat snorkling. Ilmy Island memiliki peralatan snorkling yang baru sehingga kamu tidak terkendala dengan alat-alat tersebut. Tidak khawatir selang copot ketika kamu sedang menyelam atau kacamata lepas.

Pelampung yang digunakan juga aman dan selama snorkling aku nggak nemuin kendala. Oh iya, supaya kamu tetap menikmati snorkling dan tidak ketinggalan foto, kamu bisa meminta bantuan si guide-nya untuk motoin momen-momen kamu selama snorkling. Serahkan saja kameramu dan guide akan dengan senang hati membantu.

Kamu juga akan dicarikan homestay yang nyaman dengan dilengkapi AC dan dispenser. So, tidak perlu khawatir kepanasan atau tidak ada persediaan air hangat untuk ngopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.