5 Lomba Kemerdekaan Indonesia ke-77 yang Kreatif: Waktunya Millennials dan Gen Z Beraksi

Lomba Kemerdekaan Indonesia

Setelah dua tahun pandemi, kemeriahan lomba kemerdekaan Indonesia rasanya berkurang. Inget nggak? Kemeriahannya kita rasakan secara online, seperti upacara, campaign online, sampai konser online yang membutuhkan internet cepat. 

Biasanya aku melihat instansi, perusahaan, sekolah, kampung dihias dengan sebegitu rupa. Kalau di mall-mall atau toko kadang diskon pekan kemerdekaan Indonesia sih yang selalu jadi incaran. Hehe 

Nah, di 2022 ini karena pandemi juga sudah mulai membaik, Indonesia mulai meriah lagi nih. Namun, lomba seperti makan kerupuk, balap karung, bakyak, panjat pinang, dan lainnya yang dulu selalu menjadi perlombaan sepertinya mulai beralih. 

Beberapa daerah masih memeriahkannya dengan lomba-lomba tersebut, tetapi kreativitas juga tidak bisa dipungkiri. Tentu saja muncul macam-macam lomba kreatif dan tidak jauh pula dengan teknologi. 

Apa untungnya? Tentu saja kemeriahan pekan kemerdekaan Indonesia itu semakin menjangkau seluruh Indonesia. Nggak sia-sia dong ya, IndiHome sampai pelosok untuk menciptakan internet cepat. 

Bahkan, aku kerja dari rumah pun masih bisa loh ikutan lomba-lomba yang diadakan di kantor. 

Lomba Kemerdekaan Indonesia Tetap Meriah Meskipun Online

Intip yuk, macam-macam lomba 17 Agustus yang menarik di 2022 ini. 

Twibbon

Ide lomba digital dengan twibbon pasti sudah sering kita lihat pada event-event. Nah, twibbon pekan kemerdekaan Indonesia juga banyak nih berseliweran di sosial media. 

Lomba kemerdekaan Indonesia yang kreatif ini juga membutuhkan brainstorming dari para-para desain grafis. Bagaimana membuat desain twibbon yang kreatif untuk menarik para peserta. 

Kalau tahun ini kantor aku tidak mengadakan campaign twibbon, tapi ada lomba lainnya. Nanti simak ya di poin berikutnya. 

Kuis Online

Kamu seorang pemburu kuis? Saatnya siapkan diri saat pekan kemerdekaan Indonesia. Aku selalu berpikir deh, anak-anak zaman sekarang kalau bikin kuis kreatif banget. 

Bisa menjadi salah satu lomba kemerdekaan yang kreatif di sosial media. Aku kasih tahu ya. Telkomsel Group punya banyak kuis kemerdekaan yang bisa kamu ikuti. Ayok intip instagramnya di @telkomsel

Aku juga ikutan kuis foto kemeriahan pekan kemerdekaan Indonesia bareng temen-temen kantor. 

Photo Challenge

Ini jadi lomba paling populer di HUT ke-77 RI 2022 karena sosial media menjadi wadah para mereka-mereka yang kreatif. Generasi millenials dan gen Z yang tidak lepas dari sosial media akan ikut meramaikannya dengan foto kece mereka. 

Tidak ada batasan karena semua di seluruh Indonesia bisa ikutan. Tenang saja, internet cepat yang saat ini sudah menyeluruh di Indonesia, pemuda-pemudi kreatif di pelosok negeri pun bisa ikutan. 

Pengangkatan tema kali ini juga unik, selain tema merah putih juga kreasi fashion baju adat. Upacara kemerdekaan, di mana Pak Jokowi menggunakan pakaian adat membuat tema baju adat semakin menarik. 

Foto-foto peserta dari seluruh Indonesia tentu saja dapat mengenalkan pakaian adat satu dengan lainnya. 

Kali ini, kantor aku juga membuka lomba fashion show pakaian adat yang sangat meriah. Kita bisa mengenal semua kostum dari daerah-daerah di Indonesia. Seruuu bangeet. 

Baca Juga: 5 Ide Feed Instagram untuk Kamu yang Suka Traveling

Hias Gapura

Kreasi hias gapura menjadi salah satu kreativitas yang tidak akan terlewatkan di hari kemerdekaan Indonesia. Setiap kampung pasti semangat menghias gapura masing-masing dan akan terlihat kekompakan tim. 

Anak-anak muda yang kreatif dalam bidang seni akan muncul dan membuat gapura di kampungnya menjadi paling unik dan kreatif. 

Kantorku juga mengadakan lomba hias gapura untuk masing-masing lantai. Wah, keren-keren banget dan lantai tempat aku kerja cukup sederhana, yaitu membuat gambar ilustrasi dan lettering, tetapi mendapatkan juara 1.

Nah, meskipun kreasinya dilakukan secara offline, tetapi bisa loh mengumpulkannya dalam bentuk foto. Jadi, kita bisa lihat juga nih kekompakan dan kreativitas dari masing-masing daerah. 

Cover Lagu Kebangsaan

Acara 17 Agustus secara offline biasanya ada pula lomba nyanyi. Mungkin peserta hanya akan dilihat oleh satu kampung. Bagaimana dengan lomba menyanyi online?

Lomba nyanyi untuk memeriahkan HUT RI juga bisa kita buat secara online loh, misalnya cover lagu kebangsaan. Lomba secara online pasti akan mendatangkan peserta-peserta hebat dari seluruh Indonesia. 

Setiap peserta juga memiliki kesempatan dikenal lebih banyak orang. Kelihatan banget bakat-bakat menyanyi anak-anak bangsa. Cover lagu kebangsaan atau aransemen ulang pasti akan lebih menarik dan punya kesempatan viral. 

Kreativitas Millennials dan Generasi Z 

Lomba HUT RI lebih kreatif, mampu memunculkan macam-macam lomba online yang unik dan menarik. Selama ada teknologi dan internet yang cepat, maka kemeriahan tidak akan hilang. 

Kuis-kuis sederhana, seperti diskon bahkan banyak pemburunya. Lomba foto, twibbon, dan cover lagu tentu saja membuat generasi anak muda sekarang ini lebih tertarik. 

Meskipun online, lomba kemerdekaan Indonesia ke-77 tetap meriah dengan ide-ide menarik yang dari anak muda sekarang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.