10 Fitur Unggulan Aplikasi Kalender Lengkap: Lawan REBAHAN. Sat Set Sat Set, Kerja Selesai, Lanjut Jalan-jalan

Aplikasi Kalender Lengkap

“Corat-coret kalender meja atau dinding ternyata nggak ngaruh. Ada nggak sih aplikasi kalender lengkap agar rebahannya dialarm pakai pekerjaan?” 

Dulu sempat berpikir seperti itu karena merasakan jadi freelancer ternyata tidak mudah. Pekerjaan tidak selesai, ya tidak dapat duit. Penyakit paling utama ialah rebahan dan males kerja. 

Padahal, kerjaan cukup banyak karena job apaan aja diembat dan client sudah menanyakan. Akhirnya, nemu cara dan strategi mengatasinya. Emang ada aplikasi yang bisa menyelesaikan semua pekerjaan itu? Ada.

Tapi tunggu dulu. Sebelum bahas itu aplikasi apa, kamu harus tahu gimana cara atur waktu karena aplikasi tersebut akan berguna juga nih. 

5 Faktor Kenapa Freelancer Sulit Lawan “REBAHAN”

Memang ada positif dan negatifnya menjadi pekerja lepas (freelancer). Apalagi di zaman sekarang yang sudah serba digital, semakin terbuka lebar lowongan freelancer. Kamu yang tinggal di kota besar juga pasti lebih baik bekerja di rumah daripada harus macet-macetan. 

Nah, semakin banyak anak muda yang melek digital dan memiliki skill, mereka nggak ragu mencoba peruntungan melalui freelance. Selain lapangan pekerjaan saat ini juga semakin sulit ya. 

Nyatanya, musuh pertama kita sebagai freelance ialah rebahan dan males. Kalau aku amati, ada beberapa faktor sih penyebabnya. 

1. Tidak Ada Pressure

Apabila bekerja di kantor pasti ada bos yang akan melihat kinerja kamu. Pasti ada tekanan untuk menyelesaikan pekerjaan sebaik dan secepat mungkin. 

Ada penilaian juga yang akan kamu dapatkan dari atasan, sehingga pekerjaan harus selesai sebelum ditanyakan. 

2. Waktu Terlalu Fleksibel

Tidak ada jam kerja untuk seorang freelancer. Kamu bisa tidur pagi lalu bangun siang dan kapan saja bisa kerja. Inilah yang kadang membuat rasa malas itu tidak kunjung hilang. 

Freelancer bisa mengatakan “nanti”, “nanti kerjanya”, atau “nanti ngerjainnya, belum deadline”. Akhirnya, rasa malas dan mood yang tidak menentu terkadang tidak mampu dilawan. 

3. Notif Instagram dan Tiktok 

Sosial media memang sangat menguntungkan tetapi juga menjadi salah satu faktor kita menghabiskan waktu untuk hal yang tidak penting. Notifikasi dari instagram atau tiktok membuat jari ingin meng-klik dan tanpa sadar sudah scroll selama satu jam. 

Notifikasi dari sosial media menjadi salah satu faktor kita membuang banyak waktu, padahal 1 jam tersebut bisa menghasilkan satu pekerjaan. 

4. Butuh Cas

Menjadi freelancer punya fleksibilitas waktu dan tempat untuk bekerja, tetapi juga perlu dicas agar semangat kembali meningkat. Terlalu banyak bekerja di rumah, banyak pekerjaan, jam tidur tidak teratur, bisa membuat kita tidak produktif. 

Setidaknya, perlu ikut pengembangan skill sebulan atau tiga bulan sekali untuk menge-cas kemampuan kamu. Bisa juga hangout dan ngobrol atau diskusi dengan teman untuk mendapatkan insight baru. 

Perlu Bantuan Tools Nggak Sih Agar Mudah Atur Waktu?

Jawaban aku “Sangat Perlu”. 

Corat-coret di kalender dinding atau meja ternyata tidak berpengaruh buat aku. Bisa juga lupa atau bahkan mengabaikannya. Akhirnya, aku coba tools lainnya yang bisa membuat kita ingat terus. 

Sederhana. Aku pakai tools yang mudah aku dapatkan dan cukup berpengaruh. Apa tuh? Simak ya.

1. Buku Agenda: Catat Semua Pekerjaan dan Kegiatan

Aku selalu catat pekerjaan yang masuk dan kegiatan atau acara secara detail. Pekerjaan yang masuk aku catat detail, seperti apa pekerjaannya, siapa client-nya, dan kapan deadline-nya. 

Kegiatan, acara, dan kursus yang harus aku ikuti juga perlu aku catat di mana tempat, tanggal, dan jamnya. Hal itu cukup membantu untuk mengingat dan menceklist setelah selesai. 

Loh, tapi bisa lupa loh kalau dicatet aja. Gimana tuh? Sabar. Nanti aku kasih tahu caranya. 

2. Manajemen Skala Prioritas

Semua yang sudah aku catat biasanya aku kelompokkan mana yang menjadi prioritas utama, menengah, dan ringan. Penting sekali bagi freelancer mengerti atau setidaknya tahu skala prioritas agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih tertata. 

Kamu nggak harus mempelajari skala prioritas dari dasar sampai expert. Cukup mengerti dasarnya dan bagaimana mengimplementasikannya pada pekerjaan kamu. 

3. Gunakan Matriks Manajemen Waktu

Kalau mencatat aja pasti aku harus buka agenda dan tidak ada bedanya dengan kalender dinding yang aku abaikan begitu saja. Jadi, bisa menggunakan tools manajemen matriks yang aku jadikan wallpaper laptop. 

Setiap hari pasti buka laptop dan note pekerjaan akan selalu terpampang. Cara ini cukup membantu untuk mengingat ada berapa pekerjaan yang harus aku selesaikan. 

4. Gunakan Aplikasi

Aplikasi menjadi solusi yang aku dapatkan untuk membuat pengingat atau notifikasi. Selain notif deadline, jadwal acara juga sering aku masukkan ke dalam aplikasi kalender lengkap agar tidak lupa. 

Bagi freelancer yang mengandalkan pelatihan atau kursus dari luar pasti akan terlewat jika sudah lupa dengan pekerjaan. Apalagi punya jadwal traveling, wah, harus betul-betul memperhatikan jadwal sih agar tidak tabrakan. 

Aku pakai aplikasi kalender lengkap dengan tanggal merah untuk mencatat semua acara atau kegiatan, jadwal, sampai alarm deadline. 

10 Fitur Unggulan Aplikasi Kalender Lengkap

Ada apa aja di aplikasi itu? Nih, fitur unggulan yang biasa aku pakai.

1. Tanggal Merah

Bisa dikatakan sebagai gantinya kalender dinding sih, jadi tanggal merah, hari libur, dan cuti bersama pasti akan terlihat. Jika ada perubahan, pasti tanggal merah akan terupdate. 

Berguna banget nih buat aku kalau lagi cek kalender untuk menentukan waktu traveling. Cari tiket promo biar dapet harga murah sih lebih tepatnya, hehe.  

2. Kalender Jawa

Aku bisa sebut ini tuh selengkap kalender dinding, kenapa? Karena aplikasi kalender lengkap dengan pasaran Jawa. Kita bisa tahu, bulan ramadhan akan jatuh saat kapan. Sangat membantu kalau lagi di daerah terus harus komunikasi dengan ibu-ibu yang hanya tahu kalender Jawa. 

3. Jadwal Acara

Fitur ini mungkin paling sering aku pakai karena untuk mencatat semua kegiatan atau acara yang harus aku ikuti. Menjadi salah satu tools manajemen waktu juga karena bisa mengingatkan jadwal kegiatan, sehingga aku harus menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu. 

Notifikasi acara tersebut juga sebagai alarm ketika aku sudah terlalu lama rebahan. Fitur ini yang aku maksud tadi karena buat aku berguna banget. Waktu aku lebih teratur dan selalu ter-notif dengan deadline pekerjaan.  

4. Hari Peringatan Nasional dan Internasional

Sangat berguna untuk aku ketika membuat tema konten instagram. Bisa kamu gunakan juga nih untuk yang suka berburu event. Biasanya ada event-event yang digelar untuk memperingati hari penting, misalnya hari Kemerdekaan Indonesia atau Hari Kopi Internasional. 

Ini juga jadi fitur kedua yang sering aku pakai untuk memantau kalender. Bisa loh jadi salah satu tools untuk mencari ide, jadi kamu nggak harus browsing dulu untuk cek hari-hari penting. 

5. Perbedaan Waktu di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang punya tiga perbedaan waktu, yaitu WIB, WIT, dan WITA. Nah, fitur ini sangat berguna untuk mengecek waktu di kota lain ketika mau mengadakan acara online, seperti webinar. 

Aku juga pernah punya pengalaman betapa susahnya ketika membuat acara dan mengontak narasumber dari berbagai kota di Indonesia. Jadi, melihat perbedaan waktu dari aplikasi kalender lengkap sangat membantu. 

6. Kompas

Bagi yang sering melakukan perjalanan, fitur ini pasti akan sangat berguna. Apalagi yang Muslim dan kadang tidak ada orang yang bisa ditanya, kiblat sebelah mana. Tidak perlu bawa kompas karena kamu cukup buka aplikasi aja. 

Ketika traveling, pasti ini aku pakai supaya nggak salah kiblat. Pastinya juga bisa untuk menolong orang lain yang juga membutuhkan arah. Lumayan, bisa berbagi kebaikan dengan hal sederhana. 

7. Kalkulator Hitung Usia

Mungkin fitur ini jarang digunakan, tetapi penting loh. Jika kita mengingat umur diri sendiri mungkin sangat mudah, tetapi bagaimana ketika menanyakan umur orang lain? Kamu bisa gunakan fitur ini untuk menghitung umur dengan memasukkan tanggal lahir aja. 

Setelah tanggal lahir sudah lengkap terisi, nanti akan terhitung otomatis dengan tanggal saat ini. Selain itu, informasi umurnya juga lengkap, mulai dari tahun, bulan, dan hari. 

8. Konversi Tanggal Masehi – Hijriah

Aku yang lebih sering membaca kalender masehi tentu saja bingung ketika harus membaca kalender hijriah. Fitur ini bisa membantu kamu mengonversikan tanggal masehi ke tanggal hijriah. 

Punya tampilan yang sangat informatif, sehingga tidak akan bingung membacanya. Simple dan mudah dipahami. 

9. Kata Mutiara 

Bayangin dong, pagi-pagi buka kalender sudah disuguhkan dengan kata-kata mutiara yang bisa memotivasi kegiatan di hari itu. Ketika buka aplikasi kamu akan disuguhkan dengan kata-kata positif. 

Setiap harinya, quotes atau kata-kata itu akan berbeda, jadi kamu tidak akan bosan dengan quotes itu-itu aja. Eits, kata-kata itu juga bisa loh kamu share sebagai status, jadi setiap harinya kamu bisa berbagi kebaikan tuh. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencari kata-kata mutiara lainnya yang lengkap dengan desain gambarnya di fitur “Kata Mutiara”. Akan lebih menarik di-share dengan tambahan background atau desain menarik.

10. Stiker WA

Ada yang lucu nih di aplikasi kalender lengkap. Stiker Whatsapp yang bisa kamu unduh dan bagikan di whatsapp. Ada stiker karakter yang lucu, ucapan salam, dan ucapan semangat. 

Stiker aku jadi nggak itu-itu aja karena bisa ambil juga dari aplikasi ini. Makin menarik kalau lagi chat di whatsapp. 

Kenapa Aku Pakai Aplikasi Kalender Lengkap?

Aplikasi ini bisa menjadi tools aku untuk menyimpan agenda dan mengingatkannya. Selain yang sudah aku sebutkan di atas, ada lagi alasan kenapa aku pakai aplikasi ini. 

1. Tidak Meminta Data Pribadi

Saat ini masih marak kebocoran data dan tidak jarang pula kita tidak sadar memberikan identitas saat melakukan sesuatu secara digital. Aku berani melanjutkan menggunakan aplikasi Kalender Indonesia Lengkap ini karena mereka tidak meminta data pribadi seperti email untuk login. 

Aku hanya diminta mengisi nama dan tanggal lahir tanpa harus login. Aplikasi tidak akan meminta identitas, seperti email atau nomor telepon. Kita sudah bisa mengakses semua fitur tanpa harus membagikan identitas penting. 

2. Membantu Traveler

Sangat membantu saat bepergian karena mulai dari cek tanggal merah, hari penting, hingga kompas. Buat traveler yang sering menunggu promo atau menghindari high season untuk traveling bisa cek-cek tanggal melalui aplikasi ini. 

Aku juga selalu mencari tanggal-tanggal yang tepat jika ingin mengunjungi suatu tempat, seperti ke Bromo. Aku tulis juga di artikel “Kapan Waktu yang Tepat Mengunjungi Bromo? Jangan Lewatkan 3 Momen Ini

Kesimpulan

Buat yang susah ngatur waktu, kalender via digital juga bisa digunakan untuk membantu mengingatkan kita pada jadwal-jadwal penting. Waktu yang bisa kita gunakan secara maksimal akan membantu produktivitas juga. 

Fitur-fitur yang ada di dalam Aplikasi Kalender Lengkap juga cukup membantu serta menyajikan hiburan-hiburan ringan, seperti kata mutiara dan stiker WA. Bisa kamu download di Play Store secara gratis loh.

Baca juga: Cara Mengatur Waktu Agar Produktif dengan Memaksimalkan Deep Work.

Leave a Reply

Your email address will not be published.