Hotel Kapsul Bobobox: Penginapan Murah di Malang Berbasis Teknologi IoT

Hotel kapsul bobobox

Keinginan coba hotel kapsul bobobox sebetulnya sudah lama, tetapi memang pandemi jadi pending beberapa rencana traveling. 

Selain lagi hits, hotel kapsul juga relatif lebih murah dan pas banget untuk orang-orang seperti aku ini yang harus nabung dulu kalau mau traveling. Akhirnya, aku bisa mencoba di bobobox alun alun Malang.  

Padahal Bobobox tersebar di beberapa kota loh, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Malang. Kali ini tujuan aku di Malang jadi sekalian coba di Bobobox Alun alun Malang. 

Kenapa kok nggak milih hotel di Malang kota lainnya yang lebih nyaman dan terjaga privasinya?

Kenapa Memilih Bobobox?

Tujuannya memang mau eksplore di Malang dan harus mencari penginapan yang murah supaya uang tabungan traveling tidak membengkak. Maklum ya, kalau mau traveling mesti nabung dulu. 

Nah, ini beberapa alasan kenapa aku milih Bobobox selama di Malang.

1. Hotel Murah di Malang Dekat Stasiun

Stasiun Malang letaknya di pusat kota dan aku pasti butuh akses yang tidak jauh untuk mobilitas dari satu tempat ke tempat lain. Pusat kota menjadi pilihan yang tepat ketika ingin eksplore suatu kota. 

Sayangnya, hotel dekat stasiun pasti harganya tidak murah. Kita harus pintar-pintar mengatur budget agar tidak bengkak dan tercapai tujuan travelingnya. Nah, hotel murah di Malang Kota juga jumlahnya sangat sedikit dan rata-rata hostel. 

Kamar hostel juga lebih terbuka dan privasi tentu saja perlu terjaga ya. Akhirnya, terpilihlah Bobobox untuk menginap sekitar 3 hari 2 malam. 

Cocok buat kamu yang ingin eksplore Bromo karena biasanya titik penjemputan Open Trip di sekitar area Kota Malang.

Baca juga perjalanan aku di Bromo: Kapan Waktu yang Tepat ke Bromo? Jangan Lewatkan Tiga Momen Ini

2. Konsep Share Living

Banyak yang bilang kalau penginapan yang share living itu nggak enak. Privasi kita jadi nggak terjaga dan risih kalau ketemu sama orang baru. Eits, ternyata, kenal dengan orang baru itu menyenangkan loh. 

Awalnya sih mungkin bingung mau ngobrol basa-basi. Lama-lama jadi nggak share living aja loh, tetapi share knowledge. Aku juga ketemu dengan salah satu traveler dari Bali yang menghadiri acara di Malang sambil planning jalan-jalan. 

Tempat share living Bobobox di Malang, seperti mushola, toilet, dan pantry juga tetap nyaman. 

Musholah – Sangat bersih dan cukup untuk sekitar sepuluh orang.

Toilet – bersih dan punya enam bilik closet dan enam bilik untuk mandi. Jadi, kita tidak perlu ngantre dan terpisah ya untuk toilet cewek dan cowok. 

Pantry – Tersedia microwave, kompor dan peralatan panci, dispenser hangat normal. Kita bisa membuat mie di pantry dan tersedia mangkok, piring, serta sendok. Jangan lupa ya, ada aturan untuk mencuci peralatan setelah menggunakannya. 

3. Nyaman dan Tidak Sempit

Pertama kali masuk yang terpikir ialah bagaimana arsitek mikirin ruang sempit, tertutup, tetapi tidak pengap dan nyaman. Lebar ruangan menurut aku tidak terlalu sempit, tetapi atap ruangan sangat rendah. 

Bayangan aku dengan atap yang rendah, ruangan pasti akan panas. Ketika masuk ternyata tidak panas sama sekali. Pilihan warna putih di dalam ruangan membuat kamar yang ukurannya kecil menjadi terlihat lebar. 

Meskipun punya atap yang rendah tetapi kita masih bisa berdiri kok. Atap rendah hanya pada bagian kasur dan menurut aku tidak mengganggu. 

Ruang kamarnya sangat adem, terlihat luas, dan nyaman. Top deh arsitek dan interiornya. 

Fasilitas Bobobox Alun Alun Malang

Kalau ngomongin hotel pasti wajib ngomongin fasilitas. Kita bahas satu-satu ya Bobobox Malang review fasilitasnya ada apa saja. 

1. Barcode Akses

Namanya saja penginapan berbasis IoT, pasti sudah menggunakan teknologi canggih. Bukan dengan sidik jari atau pin seperti rumah-rumah di dalam drama Korea. Lebih canggih lagi karena hotel kapsul Bobobox menggunakan barcode akses. 

Tidak perlu ribet bawa kunci karena akses sudah ada di aplikasi, mulai dari akses pintu depan, loker, sampai pod (kamar). Satu kunci bisa untuk beberapa akses, jadi simple dan tidak ribet.   

2. Loker Sepatu

Bobobox selalu menjaga kebersihan, jadi sepatu tidak boleh masuk ke area pod. Kita akan mendapatkan sandal dan sepatu bisa kita simpan di dalam loker depan sebelum pintu masuk. 

Sudah tersedia sandal di dalam loker yang bisa kamu pakai. Ketika keluar, simpan sandal kembali di dalam loker. 

3. Pantry

Aku merasa pantry seperti cafe, nyaman banget karena berada di area terbuka dan ada banyak meja kursi. Ada di lantai 2, jadi bisa makan sambil menikmati suasana Alun-alun Malang. 

Seru banget dan aku bisa melihat ibu-ibu senam di Minggu pagi sambil minum teh. Pilihan pantry dan area makan yang berada di lokasi terbuka tentu saja menjadi smoking area.

Buat para cowok-cowok, nggak perlu keluar hostel untuk ngerokok nih. 

4. Ruang Kerja

Bisa menggunakan area pantry dan pasti tidak akan terganggu dengan tamu lain yang sedang memasak makanan. Area makan memanjang dan kamu bisa memilih meja yang sedikit lebih jauh dari pantry. 

Punya kursi dan meja yang nyaman, jadi mau kerja di sini pun tetap bisa konsentrasi. Mau seduh kopi atau teh tinggal jalan sedikit. Mirip di cafe deh suasana ruang kerjanya.

Bedanya, tidak ada pelayan, jadi kita yang perlu bergerak sendiri. 

5. Kamar Mandi

Punya toilet dan kamar mandi dengan fasilitas lengkap, mulai dari closet, sower, sampai wastafel. Bagi para cewek-cewek, tenang saja karena tersedia hair dryer yang bisa kamu pakai. 

Jadi nggak bingung kalau kembali ke hotel abis eksplor Malang lalu mau keramas. Setiap toilet selalu ada tissue, sehingga tidak perlu membawa sendiri. Selain itu, tersedia shampo dan sabun yang bisa kamu gunakan dan ada di setiap bilik.

Tersedia handuk di setiap kamar, kamu bisa memakainya selama menginap di Bobobox. Aku juga terkagum-kagum karena harga Bobobox Malang yang murah ini punya fasilitas seperti hotel bintang 4. 

6. Water Refill

Sebagai traveler yang selalu bawa botol minum agar tidak menambah limbah sampah (baca: sebenernya mah ngirit). Rasanya bahagia banget ketika ada water refill di penginapan.

Di Bobobox ada beberapa titik water refill yang bisa kamu manfaatkan. 

Dispenser isi ulang terdiri dari air panas, dingin, dan normal. Jadi, ketika mau jalan aku selalu mengisi botol minum terlebih dahulu di Bobobox.  

12 Fitur Canggih Aplikasi Bobobox 

Julukannya saja penginapan berbasis IoT (Internet of Things), pasti menggunakan teknologi canggih. Bukan cuma cara pesannya, tetapi juga fasilitasnya. 

Menggunakan konsep IoT tentu saja membuat setiap masalah agar mampu diselesaikan dengan cepat. Melalui jarak dekat maupun jarak jauh. 

Pod nya menggunakan teknologi. Satu aplikasi bisa untuk berbagai akses. Apa aja? Ini fitur yang bisa kamu gunakan di aplikasi Bobobox.

1. Pesan Pod Lewat Aplikasi

Tidak asing lagi dengan pesan hotel secara online. Internet memang memudahkan sekali memesan hotel tanpa harus datang langsung.

Nah, Bobobox punya aplikasi sendiri yang harus kita gunakan untuk memesan Pod. 

Kita bisa memesan lewat marketplace penyedia hotel, tetapi check in tetap menggunakan aplikasi Bobobox.

Daripada ribet menggunakan dua aplikasi, mending langsung pakai aplikasi Bobobox supaya bisa pesan Pod sekaligus check in. 

Pilih kotanya terlebih dahulu kemudian pilih Pod yang kamu inginkan. Kamu bisa pilih layanan kamar single atau double serta sky atau earth. 

Tampilan gambar detail akan muncul sehingga kamu bisa melihat terlebih dahulu seperti apa di dalam Pod-nya. Kalau sudah nemu yang cocok, tinggal order deh. 

2. Payment Method

Pembayaran tentu saja sudah canggih dan kita nggak perlu repot pergi ke bank. Metode pembayaran di Aplikasi Bobobox bisa menggunakan debit, credit card, e-money, sampai virtual account. 

Bisa lewat aplikasi langsung, jadi sambil rebahan kamu udah bisa dapat pod yang kamu pesan. Mudah bukan?

3. Check In dan Check Out Lewat Aplikasi

Kenapa kita harus menggunakan aplikasi Bobobox? Ketika sudah pesan hotel, check in tidak meninggalkan KTP atau uang jaminan begitu saja. Sistem check in dan check out harus menggunakan aplikasi. 

Nantinya, kamu akan dibantu check in lewat apps oleh receptionist sekaligus membukakan aksesnya.  

4. Akses Barcode

Setelah check in, kamu akan mendapatkan barcode access yang akan digunakan sebagai kunci loker, pintu, dan pod.

Satu barcode untuk seluruh access, jadi pastikan kamu tidak lupa membawa ponsel ketika keluar masuk ya. 

5. Share Barcode 1 limit

Gimana kalau menginap berdua, sedangkan barcode hanya ada di satu aplikasi. Share barcode bisa dilakukan, tetapi hanya punya limit 1 kali share ya, sesuai jumlah tamu.

Jadi, teman kamu masih tetap bisa punya barcode atau akses yang sama denganmu. 

6. Pod Control

Pasti tahu dong Pod di Bobobox bisa buat kamu nyaman dengan pilihan lampunya. Atur lampu pod untuk mendapatkan suasana sesuai keinginan dari pilihan warna lampu yang tersedia.

Tidak hanya itu, fasilitas music control juga bisa kamu connect-kan melalui aplikasi musik yang kamu punya di ponselmu. 

Kasur bikin nyaman, lampu bikin suasana tenang, dan musik bikin lebih relax. Semua itu bisa kamu kontrol lewat aplikasi.

Wah, sudah macam smart city ya.  

7. Door Lock

Bobobox juga menerapkan keamanan double dengan fitur door lock. Meskipun akses hanya dimiliki oleh satu barcode, tetapi kamu bisa menggunakan door lock agar lebih aman. 

Seperti biasa ya, door lock bisa kamu atur lewat aplikasi, jadi ketika kamu lupa dan sudah berjalan sepuluh langkah, buka saja aplikasinya. Mudah dan nggak repot. 

8. Window Blur

Kamu tidak nyaman dengan jendela yang terang? Aplikasi Bobobox bisa mengatur jendela pod supaya blur. Jadi, kamu bisa nyaman di dalam pod tanpa terlihat jelas oleh orang yang sedang lalu-lalang. 

9. Pesan Makanan

Jangan bingung kalau tengah malam tiba-tiba lapar. Kamu bisa keluar ke ruang receptionist untuk membeli makanan.

Kalau nggak mau nunggu lama, bisa loh pesan makanan lewat aplikasi aja. 

Kamu bisa pesan dulu dan ambil makanan sambil sekalian jalan ke pantry. Pembayaran bisa menggunakan cash atau e-wallet ya.

Pokoknya serba teknologi deh di Bobobox.

10. Fitur Chat Layanan 

Kamu butuh sesuatu atau bantuan membersihkan pod cukup dengan menggunakan fitur chat yang ada di aplikasi. Pihak Bobobox tidak akan nyelonong ke pod kita ketika kosong, tetapi akan menawarkan terlebih dahulu. 

Karyawan akan menanyakan, apakah pod ingin dibersihkan atau tidak. Apabila kamu butuh dibersihkan tinggal chat saja, nanti ketika pulang, pod akan bersih kembali.

Jika tidak ingin dibersihkan atau tidak ingin terganggu privasinya, ya tidak apa-apa. 

11. Redeemin Point

Siapa yang nggak tergiur dengan bonus poin untuk mendapatkan diskon atau potongan harga? Setiap pesan pod, kamu akan mendapatkan poin dan bisa ditukarkan untuk pemesanan berikutnya, di Bobobox mana saja. 

Proses redeemin point bisa dilakukan ketika tahap payment. Otomatis akan ada potongan harga sesuai poin yang ditukarkan. 

12. BobProtect 

Bobobox bekerja sama dengan PasarPolis untuk melindungi kamu selama menginap. Apa saja protection yang bisa kamu dapatkan?

  • Manfaat kematian atau cacat total yang disebabkan oleh kecelakaan.
  • Manfaat bayar perawatan yang disebabkan oleh kecelakaan.
  • Santunan pembatalan oleh pihak tertanggung.
  • Santunan kehilangan reservasi yang disebabkan oleh kelalaian pihak hotel.
  • Santunan atas kehilangan atau kerusakan bagasi dan barang pribadi selama menginap di hotel. 
  • Manfaat tanggung jawab tertanggung/tamu.

Klaim asuransi juga bisa melalui online melalui Bobobox PasarPolis. 

Do and Don’t

Setelah tahu fasilitas dan fitur di aplikasi Bobobox, lalu apa yang boleh dan tidak boleh kita lakukan ketika menginap di hotel kapsul Bobobox.

DO

  • Menggunakan fasilitas yang sudah disediakan.
  • Tidak ada jam batas nongkrong di area kerja.
  • Meminta alat mandi, seperti sikat gigi atau gelas cup jika butuh. 
  • Menggunakan handuk yang sudah disediakan.
  • Bebas mengisi ulang di water refill.
  • Memutar musik di pod dari musik yang tersedia atau dari ponsel sendiri.

DON’T

  • Jam silent pada 19.00 – 06.00. Jangan berisik di jam istirahat. 
  • Tidak makan atau membawa makanan ke dalam pod. 
  • Jangan meninggalkan alat makan atau masak setelah menggunakannya. Dicuci dan simpan seperti semula. 
  • Jangan merokok di sekitar area pod.
  • Jangan memutar musik dalam volume keras. Bisa mengganggu tamu lain. 

Harga Bobobox Malang 

Nah, kalau harga bagaimana? Di Bobobox Malang harga per pod-nya sama dengan Bobobox di kota Jakarta, Bandung, Semarang, dan lainnya. Tidak dibedakan kok di setiap kota. 

Fasilitas dan kenyamanannya sebenarnya nggak beda dengan hotel bagus dan murah di Malang lainnya.

Bedanya, Bobobox punya konsep sharing living, tetapi privasi di dalam pod tetap bisa kamu dapatkan. 

Pod Single – Rp 180.000 s/d Rp 210.000

Pod double – Rp 225.000 s/d Rp 300.000

Harga bisa berubah-ubah tergantung high season atau enggak ya. Jadi, ketika tanggal-tanggal tertentu kadang harga juga bisa naik, sama seperti hotel-hotel lainnya. 

Sering-sering cek aja di aplikasi atau web Bobobox.

Harga tersebut menurut aku sih hotel yang murah di Malang kota dan worth it banget. Kapan lagi dapat harga segitu untuk hotel kapsul Bobobox.

Bobobox Malang Lokasi Lengkap

Pro Tips: Pesan jauh-jauh hari jika memilih tanggal high season. Kamu perlu mengosongkan memori hp karena aplikasi Bobobox membutuhkan storage kurang lebih 83,18 MB.

List Travel Essentials

Leave a Reply

Your email address will not be published.