Over Budget Ketika Traveling di Thailand? Nikmati Cashback VAT Refund di Watsons. Jadi Member Pasti Untung

Goes to Thailand/Foto: Prajna Vita

Kemanapun Kamu Pergi Jadi Member Pasti Untung

Pertama traveling ke luar negeri itu ke Thailand dan kalap karena belanja, impian selanjutnya sih pengen melihat langsung tempat-tempat syuting Meteor Garden, yaitu Taiwan. Dulu ngefans banget sama pemain-pemain film yang populer di tahun 2001 ini—khususnya cowok-cowoknya.

Traveling ke luar negeri aku dapet banyak banget pengalaman baru, jadi berani dong buat mimpi next trip ke Taiwan. Trip ke luar negeri itu harus banyak cari informasi, jangan bosen baca blog dan nonton vlog, dan jangan lupa untuk cari cara gimana agar tidak over budget.

Skin Care Thailand Bikin Over Budget/Foto: Caressa
Skin Care Thailand Bikin Over Budget/Foto: Caressa

Di Thailand sendiri, kamu perlu hati-hati dengan itinerary belanja, karena skin care dan fashion bisa buat kamu nggak akan berhenti belanja sebelum uang kamu habis. Dua hal itu sih yang memang aku buru di Thailand.

Untuk itulah kamu harus punya taktik agar bisa minim budget tanpa harus menahan untuk beli sesuatu. Salah satu fasilitas di Thailand yang bisa menguntungkan kamu ialah VAT Refund.

Apa Itu VAT Refund?

Temukan Logo VAT Refund Maka Kamu Bisa Cashback/Foto: Bangkok smarttrip.com
Temukan Logo VAT Refund Maka Kamu Bisa Cashback/Foto: Bangkok smarttrip.com

Vat refund merupakan pengembalian pajak PPN dari barang yang kita beli di Thailand di mana toko itu memasang logo ‘VAT Refund’. Meskipun diperuntukkan bagi barang-barang mewah, tapi kemarin di Watsons Thailand aku lihat ada logo VAT Refund-nya loh. Jadi, kamu mau beli barang banyak, khususnya skin care yang nggak ada di Indonesia nanti bisa minta VAT Refund.

Barang yang berlaku vat refund ialah barang yang dibawa keluar Indonesia tidak lebih dari 60 hari sejak pembelian. Harga barang harus di atas THB 2.000 dan klaim VAT Refund minimal THB 5.000.

Ketika di toko kamu harus menunjukkan pasport dan minta formulir VAT Refund Application for Tourist (P.P.10). Simpan tax invoice itu dan nantinya kamu bisa menukarnya di bandara dan pengembaliannya tidak lebih dari THB 30.000. Nantinya, uang pengembaliannya bisa via tunai atau ditransfer ke rekening kartu kredit.

Item yang Wajib Dibawa Agar Traveling Tetap Cantik

Item yang Wajib Dibawa Saat Traveling/Foto: Prajna Vita
Item yang Wajib Dibawa Saat Traveling/Foto: Prajna Vita

Bagi seorang wanita, skin care sebisa mungkin jangan sampai ketinggalan ketika traveling. Lalu, bagaimana jika betul-betul tidak terbawa? Tenang saja, ketika aku di Thailand, kertas minyak aku ternyata habis di hari pertama, sedangkan setiap hari aku membutuhkannya dan aku masih harus melalui tiga hari lagi.

Meskipun begitu, aku nggak terlalu khawatir sih karena di Thailand juga ada Watsons yang bisa melengkapi barang-barang wajib wanita. Akhirnya, aku langsung aja hunting barang lainnya. Inilah barang yang sebisa mungkin jangan sampai ketinggalan ketika traveling.

Kertas Minyak

Aktivitas di luar rumah membuat kulit wajah kamu lebih banyak memproduksi minyak. Apalagi kamu menggunakan sunscreen, pasti akan lebih banyak berminyak.

Mask Sheet

Mungkin untuk pakai mask sheet saat traveling ke Thailand itu nggak keburu karena harus keluar pagi dan pulang malam. Namun, ternyata lumayan penting juga karena seringnya di luar akan membuat kulit kamu kering, sehingga mask sheet akan kamu butuhkan. Sambil pasang mask sheet sekalian upload-upload foto lah.

Lip Balm

Barang ini nggak pernah lepas dari aku. Lip balm menjadi barang wajib di bawa saat traveling. Aktivitas di luar ruangan akan membuat bibir aku cepet kering, sehingga kelembapannya harus terjaga.

Lipstik

Barang ini sih kalau buat aku cukup penting karena liburan juga butuh foto kece dan lipstik penting buat kamu untuk medapatkan foto kece di tempat liburan.

3 Penyebab Over Budget di Thailand

Thailand itu surganya belanja, itu mengapa risiko over budget cukup tinggi. Aku saja yang tidak terlalu suka belaja bisa kalap di Thailand. That’s why kamu harus nyari tips menyiapkan budget traveling agar budget kamu lebih ter-planning. Ini tiga hal yang tidak bisa dihindari di Thailand.

Skin Care

Skin Care Thailand Memang Nggak Diragukan Kualitasnya/Foto: Caressa
Skin Care Thailand Memang Nggak Diragukan Kualitasnya/Foto: Caressa

Skin care Thailand itu mirip-mirip dengan Korea. Liat wajah wanita Thailand itu mulus-mulus banget. Aku belanja skin care di Eye and Boy sama di Watsons. Harganya juga nggak beda jauh dengan Indonesia, tetapi skin care yang bagus di Thailand tidak ada di Indonesia.

Akhirnya, kata ‘mumpung’ pun keluar setiap saat. Kalau di Eye and Boy, mumpung di Thailand. Kalau di Watsons, Mumpung diskon dengan member card.

Kuliner

Makanan Thailand Bikin Nagih, Awas Over Budget/Foto: Prajna Vita
Makanan Thailand Bikin Nagih, Awas Over Budget/Foto: Prajna Vita

Streetfood Thailand jangan pernah diragukan. Menurut aku masakan Thailand itu berani bumbu. Jajanannya unik-unik dan aneh-aneh. Harganya juga wort it buat kantong para traveler. Kadang aku kalap sih kalau soal jajanan.

Fashion

Pasar Chatuchak Jadi Salah Satu Tempat yang Bikin Aku Over Budget Karena Fashion/Foto: Prajna Vita
Pasar Chatuchak Jadi Salah Satu Tempat yang Bikin Aku Over Budget Karena Fashion/Foto: Prajna Vita

Ini dia yang bikin dompet aku dengan mudahnya kulipet. Bangkok emang rajanya fashion. Kalau harga streetfood Thailand tidak jauh dari Indonesia, fashion justru lebih murah dua kali lipat dibandingkan di Indonesia. Kamu yang suka banget dengan dunia fashion huntinglah karena aku juga menyisihkan uang demi untuk belanja baju Bangkok.

Cara Antisipasi Over Budget Saat Traveling

Over budget menjadi salah satu penyakit yang selalu dibawa pulang setelah di Indonesia, aku pun begitu. Nah, pelajaran banget nih untuk trip-trip selanjutnya agar tidak terjadi lagi. Ini sih dua cara yang perlu banget diterapkan.

Buat Budgeting yang Sangat Rinci

Form Budgeting Traveling/Foto: Pinterest.com
Form Budgeting Traveling/Foto: Pinterest.com

Membuat rincian budget sangat wajib dilakukan sebelum traveling, dari mulai budget untuk transportasi selama di luar negeri, tiket masuk wisata, makan sehari-hari, belanja, dan dana tak terduga. Kalau sudah budgeting kamu pasti akan mengatur keuangan kamu sebelum berangkat dan akan lebih teratur pengeluarannya.

Manfaatkan Penawaran yang Ada

Manfaatkan Penawaran dari Watsons, Jadi Member Pasti Untung/Foto: Prajna Vita
Manfaatkan Penawaran dari Watsons, Jadi Member Pasti Untung/Foto: Prajna Vita

Penawaran menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan karena manfaatnya cukup terasa. Aku memanfaatkan penawaran dari member card Watsons One Pass, wich is member card itu bisa aku gunain di Watsons Thailand.

Penawaran dari member Watsons itu lumayan meminimalisir budget belanja aku di Thailand. Diskon dari skin care Thailand bisa aku dapetin, jadi member card-nya bisa dikatakan bisa digunakan di seluruh merchant Watsons di manapun, termasuk di luar negeri.

Jadi Member di Watsons

Member One Pass Watsons, Satu Kartu Bisa Dipakai Dimana Aja. Jadi Member Pasti Untung
Member One Pass Watsons, Satu Kartu Bisa Dipakai Dimana Aja. Jadi Member Pasti Untung

Salah satu cara dapetin harga miring untuk barang-barang keperluan traveling, terutama keperluan wanita, aku ikut jadi member Watsons. Membernya itu ialah Member One Pass, yaitu satu kartu bisa dipakai di mana aja, termasuk di Luar Negeri, yaitu di Maindland Cina, Hongkong, Taiwan, Thailand, Macau, Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

Cara Aktivasi Watsons Member Card

Mudah Aktivasi Watsons Member Card/Foto: Prajna Vita
Mudah Aktivasi Watsons Member Card/Foto: Prajna Vita

Caranya gampang banget. Aku tinggal dateng ke merchant Watsons yang biasanya ada di mall-mall, waktu itu aku buat di Indonesia. Aku pergi ke kasir dan langsung bilang mau bikin Watsons member card dan hanya membayar sebesar 25k. Apabila kamu memang niat belanja, kamu bisa belanja minimal 130k nanti kamu akan dapet kesempatan ambil undian dan banyak yang mendapatkan member gratis.

Aku nyoba cara yang itu ternyata bukan rezeki, aku justru dapat voucher belanja online. Well, tenang saja, semua kupon undian itu tidak ada yang zonk. Akhirnya, voucher online aku ambil dan aku minta bikin member card. Emang ya sesuatu yang diharapkan selalu saja sulit didapatkan. Duaaar.

8 Benefit Jadi Member Watsons

8 Benefit dari Member Card Watsons. Jadi Member Pasti Untung/Foto: Prajna Vita
8 Benefit dari Member Card Watsons. Jadi Member Pasti Untung/Foto: Prajna Vita

Meskipun harapan aku yang ingin mendapatkan member card gratis harus kandas dan rela jajan lagi 25k, tapi benefit yang aku dapatkan menjadi 250k. Wooo, terkadang ini membuatku khilaf sebelum traveling. Ada 8 benefit yang akan kamu dapatkan loh kalau kamu jadi member watsons.

1. Welcome Voucher

Ketika selesai pengaktifan member card, kamu akan mendapat voucher sebanyak 250 ribu rupiah. Gila nggak tuh, dua kali lipat keuntungan dari harga pembuatannya. Welcome voucher itu bisa kamu gunakan untuk membeli berbagai produk kosmetik dan kesehatan.

Kalau aku sih beli produk dari Nature’s Health yang Omega3 karena memang suplemen sehari-harinya pake yang ini dan aku dapet potongan sebesar 20k. Tak berlanjut di situ aja, kamu juga akan dapetin voucher Watsons Online sebesar 25K untuk gratis ongkir. So, ini buat aku belanja lagi dengan mudahnya.

2. Basic Point

Ketika kamu menggunakan member card untuk transaksi di merchant offline ataupun online, kamu akan mendapatkan poin belanja. Hitungannya, satu 1 poin itu untuk transaksi 20K dan berlaku kelipatannya.

Jadi, kalau kamu beli 1 mask sheet seharga 22k, maka kamu akan mendapatkan 1 poin. Apabila kamu membeli concealer dengan harga 100k, maka kamu akan mendapatkan 5 poin.

3. Save Money

Poin yang kamu dapatkan ketika belanja ialah bukan poin biasa. Poin tersebut bisa kamu gunakan untuk transaksi, baik ketika belanja di merchant ataupun secara online.

Apabila poin yang kamu kumpulkan sudah banyak, kamu bisa menggunakannya untuk membeli produk yang kamu butuhkan. Lumayan kan, poinnya tetap berguna.

4. Special Price

Kamu akan mendapatkan harga spesial untuk setiap produk di Watsons. Tentu saja harganya akan berbeda dengan pelanggan yang belum menjadi member Watsons. Kalau harga spesial ini yang aku incer make up, lumayan, harga bisa lebih miring.

5. Bithday Treat

Pacar kamu lupa mengucapkan selamat ulang tahun? Tenang saja, Watsons lebih peduli denganmu. Kamu akan mendapatkan voucher ulang tahun pada hari ulang tahunmu.

Voucher belanja ini bisa kamu gunakan untuk membeli berbagai barang yang wajib dibawa saat traveling ataupun sehari-hari, seperti skin care, obat-obatan, atau vitamin.

6. Special Point

Menjadi Member card kamu juga akan mendapatkan keuntungan mendapatkan poin spesial dari setiap produk-produk tertentu dan poin tersebut berlaku untuk yang memiliki member card saja.

7. Discount 10%

Bayangin dong kalau produk yang kamu incar itu ada diskon, lalu kamu akan mendapatkan diskon tambahan. Nah, bagi pemegang member card kamu akan mendapatkan diskon khusus member. So, bisa dua kali dapet diskon kan.

8. 2x Point

Apabila belanja produk lain kamu akan mendapatkan 1 poin, berbeda dengan produk dari Watsons. Kamu akan mendapatkan 2x poin untuk produk Watsons. Lumayan kan bisa nambah poin dengan cepat dan cepat belanja free lagi pake poin.

Belanja Online di Watsons App Lebih Untung

Belanja Online Lewat Watsons App Lebih Banyak Diskon, That's Why Jadi Member Pasti Untung/Foto: Prajna Vita
Belanja Online Lewat Watsons App Lebih Banyak Diskon, That’s Why Jadi Member Pasti Untung/Foto: Prajna Vita

Percaya nggak kalau belanja online di Watsons akan lebih murah dibandingkan belanja offline-nya? Kamu harus percaya karena memang belanja lewat Watsons App memiliki promo diskon yang lebih banyak, apalagi kamu sudah mempunyai member card-nya. Tenang saja karena ada gratis ongkir yang bisa kamu dapatkan dan ada pula pembayaran secara CoD.

Informasi lainnya tentang Watsons bisa kunjungi Blog Watsons atau sosial medianya di Instagram: @watsonsindo

Bagi kamu yang ingin Liburan Bareng Watsons juga bisa ikutan Watsons Blog Competition dengan #JadiMemberPastiUntung dan bisa bawa #WatsonsOnePass untuk belanja ke negara impian kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.