Kulit Kusam Saat Traveling? Siapkan Serum Pencerah Wajah dan Skin Care Tambahan. Apa Saja?

Serum Pencerah Wajah

Saat traveling, mau tidak mau harus menerjang debu, sinar matahari, polusi, bahkan cuaca yang berbeda. Kulit jadi kusam itu pasti. Para wanita ternyata perlu loh bawa serum pencerah wajah biar pulang-pulang nggak makin dekil. 

Tidak cuma kulit kusam yang jadi masalah setelah traveling, tapi ada masalah lainnya juga yang kadang-kadang muncul. Apalagi kulit aku yang sensitif parah, harus betul-betul intens deh menjaga kulit wajah. 

Kadang, packing aku tuh makin banyak karena harus bawa skin care wajib. Sampai cari cara bagaimana agar packing skin care nggak makan tempat. 

Aku bocorin juga nih caranya di sini. Simak aja. Sebelumnya, aku share dulu sedikit masalah wajah yang kerap muncul setelah traveling.

Masalah Kulit yang Muncul Ketika Traveling

Ketika traveling, masalah kulit wajah tidak cuma kusam, tetapi ada beberapa yang sering aku alami.

Masalah Kulit Wajah Ketika Traveling
Masalah Kulit Wajah Ketika Traveling/ Infografis: Prajna Vita
Kamu juga mengalami hal yang sama nggak? 

Aku share di bawah ini dan bagaimana solusi perawatan wajah saat traveling yang biasa aku lakukan.

Breakout Atau Jerawat

Masalah ini kerap terjadi karena wajah kotor akibat debu dan polusi. Mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori. Nah, ini yang membuat jerawat kerap muncul. 

Biasanya terjadi kalau aku keliling kota dengan sepeda motor. Sebetulnya asik menggunakan motor, bisa leluasa lihat kanan kiri. Tapi masalah terbesarnya ya bakal tumbuh jerawat setelahnya. 

Solusinya: Selalu memakai masker ketika keliling dengan motor. Saat ini sedang pandemi, untuk memakai masker pasti sudah terbiasa dong. 

Ada untungnya juga, jadi melindungi wajah dari debu dan kotoran. 

Jangan lupa double cleansing setelah sampai di penginapan atau hotel. Aku biasa menggunakan minyak zaitun, lalu aku lap pakai kapas, kemudian lanjut membersihkannya dengan facial foam

Kulit Kering

Aku termasuk pemilik kulit sangat kering dan sensitif. Jadi, terkadang memilih produk harus benar-benar cermat, khususnya pelembap dan facial foam

Setelah traveling muka pasti kusam dong, jadi aku harus benar-benar mencari serum pencerah wajah untuk kulit sensitif, supaya nggak makin parah. 

Masalah kulit kering selalu aku alami ketika traveling. Apalagi dengan tipe yang sensitif. Selain faktor iritasi akibat debu, kotoran, dan sinar UV, ternyata bisa juga karena cuaca atau iklim. 

Setiap daerah pasti memiliki cuaca yang berbeda. Jadi, harus siap ketika traveling ke daerah dingin, seperti pegunungan atau panas, seperti pesisir. 

Solusinya: Selalu bawa moisturizer atau produk yang bisa menghidrasi kulit. Perlu kamu pakai lagi beberapa kali untuk terus memberikan kelembapan pada kulit wajah. 

Komedo

Penyebab komedo ialah sel-sel kulit mati yang tersumbat di pori-pori, tetapi juga bisa terjadi karena polusi udara. Apalagi seharian di jalan dan bertemu dengan banyaknya polusi kendaraan. 

Ketika sampai penginapan, sering kali syok waktu menghadap cermin.

Solusinya: Jika ada air hangat, biasanya aku membasuhnya terlebih dahulu dengan air hangat. Fungsinya untuk sedikit membuka pori-pori, lalu membersihkannya dengan kapas. 

Kamu juga bisa menggunakan scrub, tetapi jangan tiap hari dipakai ya. Jika terlalu sering justru akan membuat kulit kamu makin iritasi. 

Kulit Kusam

Sama dengan masalah di atas, kulit kusam bisa terjadi karena polusi udara atau sinar UV. Cahaya matahari sangat berbahaya untuk kulit wajah karena paparan radikal bebas.

Bahkan menggunakan SPF saja belum cukup. Mengatasi kulit kusam memerlukan perawatan. 

Solusinya: Kamu bisa menggunakan dua produk. Pertama, serum pencerah wajah kusam setelah membersihkan wajah. Perlu kita tahu juga bahwa pencerah wajah berbeda dengan pemutih wajah ya. 

Tidak ada istilah pemutih wajah, adanya pencerah wajah. Jadi, kita perlu tahu itu terlebih dahulu agar tidak keliru. 

Kedua, mask sheet. Bisa kamu gunakan seminggu dua kali. Jika kamu traveling untuk 3-5 hari saja, kamu bisa menggunakannya sebelum berangkat dan setelah pulang. 

Kedua produk tersebut memiliki vitamin C dan B3 yang akan menutrisi kulit wajah. Kulit kusam membutuhkan tambahan nutrisi, seperti vitamin, pelembab, hidrasi, dan perlindungan anti aging. 

Bahkan nih, aku nemuin serum dari Pond’s yang memiliki kandungan 60x lebih efektif dari vitamin C. Serum pencerah wajah terbaik itu ialah Triple Glow Serum dan Triple Glow Serum Mask. 

Mau tahu bagaimana aku cocok dengan dua produk tersebut, padahal kulit aku super sensitif? Aku bocorin nih di sini. 

Kandungan Pond’s Triple Glow Serum dan Triple Glow Serum Mask

Pond's Serum Pencerah Wajah
Pond’s Serum Pencerah Wajah/Foto: Prajna Vita

Beda keduanya apa sih? Padahal sama-sama serum?

Triple Glow Serum dan Triple Glow Serum Mask memiliki kandungan yang sama, tetapi keduanya bisa saling memaksimalkan. Aku menggunakan Triple Glow Serum setiap hari setelah memakai 3-in-1 Potion Essence.

Menggunakan Triple Glow Serum Mask seminggu dua kali untuk memaksimalkan kulit supaya cerah dan sehat. Jadi, sheet mask ini memiliki tambahan 100x serum untuk menutrisi kulit. 

Formula di dalam serum tersebut apa aja? Ini nih formula khususnya.

Gluta-Boost-C

Memiliki fungsi mencerahkan kulit. Mengandung glutathione dan vitamin C sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari sinar UV. 

Kamu pasti tahu betapa jahatnya sinar UV untuk kulit wajah, seperti membuat kulit kering, kusam, berkerut, dan pigmentasi (warna kulit tidak merata).

Vitamin C bisa meningkatkan produksi kolagen dan menghindari masalah kulit tersebut. Jadi, jika kamu ingin awet muda tentu membutuhkan vitamin C untuk menghambat munculnya kerutan. 

Tidak hanya direkomendasikan untuk usia di atas 30 tahun ya. Bahkan, kamu perlu memenuhi kebutuhan vitamin C untuk kulit sejak remaja. Triple Glow Serum juga sangat cocok sebagai serum pencerah kulit untuk remaja.

Kamu yang mempunyai bekas jerawat bisa menggunakan serum untuk menghilangkan flek hitam. Pasti kesal dong dengan flek hitam bekas jerawat yang membandel. 

Vitamin B3+

Memiliki fungsi melembutkan kulit. Niacinamide atau Vitamin B3 bisa juga kamu temukan di dalam makanan seperti, telur, daging, kacang-kacangan, susu, dan sayur hijau. 

Tambahan nutrisi vitamin B3+ untuk wajah juga bisa kamu dapatkan melalui serum wajah. 

Vitamin B3 dapat menyamarkan pori-pori, melembapkan kulit, mengencangkan, mengurangi peradangan, hingga mengurangi produksi sebum (minyak wajah).

Jadi, apabila kamu mencari serum pencerah wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat, pilih yang memiliki kandungan Vitamin B3+ atau niacinamide. 

Nah, Triple Glow Serum ini cocok untuk kamu yang ingin mengatasi masalah tersebut. Pori-pori akan tersamarkan dan wajah juga tampak mulus. Siapa sih yang nggak mau? 

Hyaluronic Acid

Memiliki fungsi melembabkan kulit wajah. Sebetulnya kulit memproduksi sendiri nutrisi ini.

Bisa kamu dapatkan dari makanan, tetapi semakin bertambahnya usia, kadar hyaluronic acid juga bisa berkurang. Selain itu, hyaluronic acid juga bisa berkurang akibat paparan sinar UV. 

Sangat rentan untuk kamu yang sering aktivitas di luar dan pasti sangat diperlukan untuk kamu, para traveler. 

Tambahan tersebut bisa kamu dapatkan dari serum wajah. Kandungan hyaluronic acid di dalam Triple Glow Serum bisa membuat kulit lebih lembab dan cerah. 

Penyerapan ke lapisan epidermisnya sangat efektif, sehingga kulit ternutrisi dengan baik. Kandungan yang dimiliki oleh Pond’s Triple Glow Serum juga telah teruji di BPOM, sehingga aman. Selalu teliti memilih serum pencerah wajah BPOM ya dan kamu bisa melihat di kemasannya.

Tekstur Triple Glow Serum
Tekstur Triple Glow Serum

Skin Care yang Perlu Dibawa Saat Traveling 

Ketika traveling biasanya aku membawa skin care esensial untuk menjaga kestabilan kulit aja. Berikut yang penting untuk kamu bawa.

Skin care yang perlu dibawa saat traveling
Skin Care yang Perlu Dibawa Saat Traveling/Image: Prajna Vita

Tips Packing Skin Care Saat Traveling

Lengkapnya skin care bagi seorang perempuan dan perawatan yang lebih intens, PR-nya ialah gimana packing-nya?

Gunakan Plastik Ziplock

Plastik ziplock sangat efektif mengelompokkan barang. Pisahkan skin care basah dengan yang kering. 

Kamu bisa menggabungkan facial foam dengan sabun, shampo, sikat gigi, dan odol. Gabungkan pelembab, sunblock, serum, deodoran, dan bedak dalam satu plastik ziplock.

Travel Bottle

Aku selalu menggunakan botol-botol kecil untuk memindahkan sabun dan shampo. Produk skin care seperti pelembab dan serum sudah memiliki kemasan travel, sehingga tidak perlu memindahkannya lagi. 

Facial foam juga bisa kamu pisahkan ke botol travel agar lebih praktis dan ringan. 

Kemasan Serum Pencerah Wajah Ekonomis/Foto: Prajna Vita
Kemasan Serum Pencerah Wajah Ekonomis/Foto: Prajna Vita

Jika produk yang kamu pakai memiliki kemasan sachet, bisa pilih kemasan sachet terlebih dahulu. Seperti Pond’s Triple Glow Serum yang memiliki kemasan sachet, jadi praktis di tas.

Harga kemasan sachet Pond’s untuk serum pencerah wajah murah dan lebih ekonomis. Cocok kamu bawa ketika traveling. 

Bawa Seperlunya

Seperti pemilihan skin care yang aku lakukan. Aku hanya membawa skin care esensial, seperti facial foam, pelembab, sunblock, dan serum vitamin C. 

Skin care seperti toner, night cream, dry cream, atau scrub bisa kamu tinggalkan dulu.

Nggak jauh kok seperti kita belajar memilah mana yang prioritas dan mana yang tidak. Kalau yang sudah pernah baca buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat, pasti akan tahu mana yang prioritas untuk kamu.

Tips Merawat Kulit Wajah

Sering melakukan aktivitas di luar, tentu perawatan kulit perlu kamu lakukan lebih intens. Sebetulnya perawatan tidak hanya dari skin care, tetapi juga kulit yang sehat bisa dari beberapa faktor. Apa saja sih?

tips merawat kulit wajah
Tips Merawat Kulit Wajah/Image: Prajna Vita

1. Makanan Sehat

Memilih makanan sehat akan memberikan nutrisi murni dari dalam tubuh. Selain untuk kesehatan, makanan juga bisa menyehatkan kulit. 

Justru vitamin dari dalam akan lebih efektif menutrisi kulit. Pilih makanan seimbang setiap harinya agar kulit selalu segar, lembab, dan cerah. 

Asupan buah-buahan, protein, dan mineral akan membuat kulit sehat dan wajah juga tampak segar. 

2. Tidur Cukup

Tidur yang kurang akan membuat kamu mengalami masalah pada kantong mata. Kulit juga kusam dan mengalami risiko cepat keriput. 

Perhatikan waktu tidur dan usahakan memiliki waktu tidur yang seimbang. Dengan begitu, nutrisi dalam tubuh dapat dicerna dengan baik. 

3. Minum Air Putih

Kulit yang dehidrasi membutuhkan tambahan cairan di dalam tubuh. Minum air putih yang cukup akan membuat kulit tetap lembab. 

Kamu akan terhindar dari kulit kering atau bahkan sampai mengelupas. Dehidrasi tidak hanya menyerang tubuh, tetapi juga kulit kamu. 

4. Hindari Stres

Membuat tubuh selalu bahagia itu sangat penting. Stres akan membuat kulit kamu lebih cepat keriput dan menimbulkan penuaan dini. 

Tentu hal tersebut tidak ingin terjadi, bukan? Lindungi kulit agar awet muda dengan mengatur pola hidup dan kegiatan kamu agar tidak stres. 

Lakukan hal-hal positif dan cari apa kegiatan yang membuat kamu bahagia. 

Kesimpulan

Serum Pencerah Wajah yang Cocok untuk Segala Jenis Kulit
Serum Pencerah Wajah yang Cocok untuk Segala Jenis Kulit/Foto: Afiata Indika

Perawatan kulit harus super ektra untuk yang banyak melakukan aktivitas di luar. Jangan meninggalkan satu rangkaian pun. Agar kulit tetap cerah, jangan lupa memakai serum dengan kandungan vitamin C. 

Nggak cuma wanita, ada juga serum pencerah wajah pria yang memiliki formula khusus kulit pria. Kalau aku cocok banget sama Pond’s Triple Glow Serum karena tidak cuma serum wajah untuk kulit berminyak dan normal, tetapi juga kulit sensitif. 

Kandungan Gluta-boots C untuk mencerahkan kulit, Vitamin B3 untuk melembutkan kulit, sedangkan hyaluronic acid complex membantu melembabkan kulit

Triple Glow Serum gunakan setiap hari dan Triple Glow Serum Mask gunakan seminggu dua kali untuk memaksimalkan. 

Ada kemasan sachet untuk rekomendasi serum pencerah wajah murah Triple Glow Serum dan Triple Serum Mask. Praktis kamu bawa dan ringkas di tas. Bisa kamu bawa ketika traveling. 

Packing skin care lainnya dengan menggunakan plastik ziplock, gunakan travel bottle, pilih kemasan sachet, dan bawa seperlunya. 

Lakukan perawatan lebih setelah traveling. Maksimalkan dengan serum pencerah wajah yang bagus dan murah, seperti Pond’s Triple Glow Serum Mask.

Namun, pastikan cocok ya dengan kulit kamu. Meskipun ada serum pencerah wajah termurah sekalipun, pastikan kandungannya tepat untuk mengatasi kulit wajah kamu. 

Selain melakukan perawatan rutin dan memaksimalkan dengan serum pencerah wajah. Kesehatan kulit juga perlu kamu tunjang dengan makanan sehat, tidur cukup, banyak minum air putih, dan hindari stres.


Sumber:

Triple Glow Serum

Triple Glow Serum Mask

Apa yang Perlu Kamu Tahu Tentang Jerawat

Apa Penyebab Kulit Kering dan Bagaimana Mengatasinya

Sekilas Tentang Komedo dan Jerawat Komedo

Leave a Reply

Your email address will not be published.