7 Cara Menjadi Blogger Pemula: Ingin Cepat Menghasilkan Uang Jadi Kesalahan Besar

Cara Jadi Blogger Pemula/Desain: Prajna Vita

Kenapa memilih menjadi blogger? Lalu, gimana cara menjadi blogger pemula?

Mungkin pertanyaan itu yang sering muncul di awal ketika memutuskan menjadi blogger, meskipun sebagai sampingan. Menjadi blogger juga tidak mudah, aku pun terus mencari-cari bagaimana cara menjadi blogger pemula. 

Awal tersebut dimulai ketika aku sudah memasuki awal kerja. Pekerjaan yang monoton membuatku memutuskan mengeksplore hobi menulis di sebuah blog. Lahirlah prajnavita.com yang saat ini memiliki niche traveling. 

Apakah Nge-Blog Bisa Menghasilkan Uang?

Menghasilkan uang dari hobi tentu sesuatu yang menyenangkan. “Kita bermain tapi dibayar”. Tetapi tidak semudah itu Ferguso. Nge-blog memang bisa menghasilkan uang tetapi perjuangannya juga tak kalah penting. Awalnya aku tidak tahu kalau nge-blog bisa menghasilkan uang, hanya menjalankan hobi saja, tetapi kok ya tertarik setelah membaca pengalaman para blogger sukses membagikan perjuangannya cara menjadi blogger pemula. 

Mark Manson aja masih bisa hidup dengan memilih nge-blog dan nulis buku. Ada “9 Hal Penting di dalam Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat” yang perlu kamu baca dari karyanya itu.

Terinspirasi dari Tiga Blogger Terkenal

Wira Nurmansyah

Blogger yang ini merupakan travel blogger yang tidak berhenti traveling. Pecinta fotografi ini juga memasang koleksi foto di blognya, sampai aku teracuni dengan Fujifilm yang selalu ia bawa ketika traveling. Kamera itu akhirnya jadi incaran aku karena mampu menghasilkan video berkualitas. 

Yuki Anggia

Travel blogger ini sangat suka traveling ke berbagai dunia dan sangat photogenic. Aku suka banget pose-pose dan style yang digunakan. Well, ia juga punya shot-shot keren dan terdokumentasi di Instagram @yukianggia

Rini Novita Sari

Blogger yang satu ini memulai blog dari kegemarannya menulis dan ia juga masih aktif bekerja full time. Duh, gimana manage waktunya ya. Bangga sih sama blogger-blogger yang bisa nge-blog aktif sambil kerja full time. Ia memiliki berbagai macam artikel yang bisa kamu intip dan kamu pasti bisa menemukan jawaban di sana. Intip rumahnya di celotehdinihari.com.  

Kalau managemen waktu aku juga masih belajar pake cara kerja Deep Work dan Shallow Work yang aku tulis di “Cara Mengatur Waktu Agar Produktif dengan Memaksimalkan Deep Work“.

Bagaimana Cara Menjadi Blogger Pemula? 

Bagaimana Menjadi Blogger/Foto: Hari Akbar
Bagaimana Menjadi Blogger/Foto: Hari Akbar

Artikel tips dan trik menjadi blogger pemula pasti banyak kamu temui di berbagai website atau blog. Tips dan trik dari aku mungkin bisa menjadi tambahan kamu yang ingin memulai blog. 

1. Tentukan Niche

Niche merupakan topik blog yang ingin kamu angkat. Kamu bisa memulai dari hobi yang kamu miliki, misalnya traveling, food, fashion, teknologi, atau lainnya. Niche ini bermanfaat untuk mendapatkan peminat blog kamu dan isi konten atau informasi yang lebih mendalam mengenai topik kamu itu. Dengan begitu blog kamu tidak gado-gado, alias memiliki informasi yang campur-campur. 

2. Pilih Platform

Pemilihan platform tentu dilakukan pada awal-awal perencanaan kamu membuat blog. Kamu menginginkan rumah di mana? WordPress atau blogger? 

Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk blogging, tetapi umumnya wordpress atau blogger. Kamu bisa memilih mana yang membuat kamu nyaman dan mudah digunakan. Jika kamu ingin mencoba yang gratis, bisa menggunakan platform tersebut dan gunakan nama domain yang gampang diingat. 

Jika kamu ingin menggunakan domain berbayar, kamu bisa menggunakan domain dan hosting dari:

3. Belajar Menulis

Jika kamu sudah memiliki bakat menulis atau kegemaran menulis, mungkin tips ini tidak menjadi masalah. Menulis menjadi skill utama yang perlu kamu miliki dan tidak sekadar menulis ya, Gaes. Menulis artikel juga harus memerhatikan hal-hal berikut:

* Menulis Artikel Ilmiah Populer

Menulis itu punya berbagai jenis, yaitu menulis fiksi, esai, ilmiah, jurnal, dan lain sebagainya. Menjadi blogger setidaknya kamu bisa menulis non fiksi atau ilmiah populer karena topik-topik yang kamu harus tulis ialah artikel populer. 

Cara melatih keterampilan menulis bisa kamu dapatkan dari seminar atau pelatihan kelas menulis dari penulis profesional. Kamu juga bisa mendapatkan tips dan trik menulis dari blogger yang kadang membagikannya juga di blog. Jika ingin mempelajarinya melalui buku. Ini rekomendasi buku yang bisa kamu pakai untuk melatih keterampilan menulis kamu. 

  • Keterampilan Menulis Penulis Dalman. Penerbit Rajawali Pers (RajaGrafindo Persada), tahun terbit 2021.
  • Penulisan Populer Penulis Dalman. Penerbit Rajawali Pers (RajaGrafindo Persada), tahun terbit 2021.
  • Menulis Karya Ilmiah Penulis Dalman. Penerbit Rajawali Pers (RajaGrafindo Persada, tahun terbit 2021.

* SEO

Mengerti SEO ini penting bagi seorang blogger. SEO bisa membuat tulisan kamu lebih mudah ditemukan orang yang membutuhkan informasi dari kamu. Saat ini sudah banyak pelatihan SEO yang bisa kamu ikuti untuk melatih skill menulis kamu. 

  • Genius Education

Bahkan aku juga ikut belajar SEO dari grup Blog Walking Asik di whatsapp yang sangat seru. Belajar dari blogger-blogger profesional.

* Penulisan Softselling

Memiliki kemampuan menulis persuasif atau mengajak audiens untuk menggunakan produk, jasa, atau informasi yang tepat dengan minat mereka itu sangat penting. Kamu perlu mengerti penulisan softselling untuk membuat audiens kamu ikut menggunakan produk, jasa, atau review yang kamu tulis di blog. 

4. Belajar Promosi Konten

Saat ini “Content is Everything” dan menjadi kunci yang bisa membawa audiens kamu mengunjungi blogmu. Selain menulis, kemampuan promosi juga harus kamu pelajari, khususnya di media sosial. Hal itu karena pengguna media sosial saat ini semakin bertambah dan memiliki potensi besar mendapatkan pembaca. 

5. Template dan Desain Blog

Kenyamanan membaca juga harus kamu perhatikan. Jangan sampai audiens kamu tidak betah berada di blog kamu karena template atau desain yang kamu gunakan tidak menarik. Pilih desain yang membuat mata pembaca nyaman agar selesai ketika membaca tulisan kamu. 

6. Kreatif

Kreativitas merupakan faktor yang menentukan kamu akan bertahan menjadi blogger atau tidak. Jika bekerja dengan orang lain mungkin kamu melakukan apa yang diperintahkan oleh atasanmu, tetapi blogger berbeda. Menjadi blogger ialah bekerja secara mandiri dan kamu harus menentukan apa yang menjadi kebutuhan audiensmu. Di sinilah kreativitas kamu dilatih dan harus mencari apa yang menarik sehingga audiens kamu menunggu. 

Lalu, bagaimana jika buntu? Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika mengalami writer block atau tidak memiliki inspirasi. Kuncinya cari, bukan menunggu. Ini kegiatan yang biasanya aku lakukan ketika membutuhkan inspirasi:

  • Membaca buku
  • Nonton Film
  • Minum Kopi atau Seduh Kopi Sendiri. Biasanya aku pake biji kopi dari Otten Coffee. Kopi Gayo sih yang paling favorit.
  • Mendengarkan Podcast yang inspiratif.
  • Relaksasi dengan instrumen musik.

Lakukan kegiatan yang membuatmu menyenangkan dan jika tiba-tiba mendapatkan ide di tengah jalan. Buat catatan ide dan kembangkan ketika mood kamu sudah baik. Maka, kreativitas itu akan berjalan mengikuti.

7. Buat Jaringan yang Kuat

Percaya atau tidak bahwa menjadi sukses ialah dengan jaringan yang tumbuh. Kamu mungkin bisa mendapatkan konten sesuai kebutuhan audiens tetapi jaringan akan memperkuat itu. Jaringan bisa didapatkan dari bekerja sama dengan blogger dengan niche yang relevan atau membuat semacam campaign untuk membuat blog kamu juga memiliki branding yang kuat. 

Kesalahan Apa yang Kadang Terjadi pada Blogger Pemula?

Kesalahan Jadi Blogger Pemula/Foto: Imam Solikin
Kesalahan Jadi Blogger Pemula/Foto: Imam Solikin

Cara menjadi blogger pemula tidak selalu mulus. Terkadang ada hal-hal penghambat yang bisa membuat blog kamu hidup dalam dua atau tiga bulan saja. Inilah kesalahan blogger pemula yang harus dihindari agar blog kamu panjang umur. 

1. Tidak Konsisten

Membangun rumah itu perlu konsisten merapikan, merawat, dan mempercantiknya. Kamu perlu konsisten memposting artikel untuk blogmu agar pembaca kamu terus mendapatkan update terbaru darimu. Setidaknya kamu harus memposting artikel sebulan sekali, berlanjut seminggu sekali, jika memungkinkan sehari sekali. 

2. Copy Paste

Artikel copy paste menjadi kesalahan besar jika dilakukan oleh seorang blogger. Itu sama saja dengan membajak buku. Plagiat sama saja dengan mencontek karya orang lain dan ini bisa dilacak melalui web plagiarism yang saat ini sudah tersedia di google. Jangan pernah lakukan ini jika blog kamu mau awet dan tetap hidup. Lebih baik jika kamu menulis ulang daripada meng-copy paste sepenuhnya. 

3. Ingin Cepat Menghasilkan Uang

Nge-blog memang bisa mendapatkan uang dari guest post atau blog placement, tetapi juga tidak semudah itu. Ada banyak yang harus kamu lakukan hingga klien tertarik guest post atau blog placement. Maintenance perlu kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari blog. 

4. Terlalu Fokus dengan Hal-hal Teknis

Hal-hal teknis memang diperlukan seperti template, menu, SEO, tema, atau hal teknis lainnya hingga kamu lupa dengan konten. Jika kamu kesulitan dengan hal-hal teknis, kamu bisa menggunakan jasa yang lebih ahli, sehingga kamu bisa fokus menghasilkan konten. 

Keuntungan Menjadi Blogger

Menggeluti blog hingga menjadi profesi tentu tidak mudah, tetapi banyak blogger yang sukses dari blognya. Sebagai blogger kamu bisa membagikan informasi atau pengalaman melalui tulisan. Nama kamu bisa tersebar ke seluruh Indonesia atau bahkan dunia. Menjadi blogger berarti kamu akan menguasai banyak skill, tidak hanya menulis tetapi juga SEO, copywriting, content strategy, desain, google analytic, digital marketing, hingga negosiasi kerja sama. Prosesnya pun tidak cepat, perlu melakukan tahap-tahap di atas untuk bisa menghasilkan uang. So, tertarik menjadi blogger? 

Tulis di komentar yuk, apa alasan kamu ingin menjadi blogger 🙂

Comments

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author
  1. Hendra Suhendra

    Bukan awal-awal ngeblog aja sih, saya juga terkadang masih suka melakukan kesalahan ngeblog hingga saat ini. Namanya juga manusia masih harus terus belajar dan belajar. Bahkan harus bisa belajar dari kesalahan.

    Menurut saya sih, tantangan terberat itu kurang menjaga konsistensi ngeblog. Ya wajar sih, apalagi masih harus berbenturan dengan aktivitas offline. Namun sudah sepatutnya jangan ngeremehin masalah konsistensi ngeblog ini, kalao dibiarin saja, lama-lama malah jadi hiatus.

    1. Post
      Author
  2. fika

    Wah ini adalah panduan yang benar kalau mau jadi blogger yang berkualitas

    Xixiix apalah daya aku ini type blogger mager. Kadang masukin Foto pun malas hiks

    1. Post
      Author
  3. Sani

    Saya blm layak nih jd blogger. Masih asal nulis, jd harus banyak belajar terutama terkait SEO hehe
    Tq sharingmya, jadi kepo sama 3 blogger diatas

    1. Post
      Author
  4. Yanti Ani

    Jadi teringat saya awal ngeblog mba, masih meraba-raba gitu. Mood di dunia blog memang kadang naik turun makanya saya setuju kalau perlu deh kita punya seorang role model blogger buat memotivasi kita

    1. Post
      Author
  5. Nurhilmiyah

    Ya bener banget Mbak, sebaiknya kita enjoy dulu dengan kegiatan menulis artikel blognya, ntar ngeh sendiri kok kl mesti nulis sesuai SEO, bagus2in blog, dan lain2, insyaallah dg semua proses itu uang akan datang dengan sendirinya ke blog.

    1. Post
      Author
  6. Mutia Ramadhani

    Hehehe. Kadang suka kesel yaaaa, tiba2 ada yg DM, “Mba ajarin bikin blog biar bisa dapat uang.” Trus, saya tahu yg nanya itu gak bisa nulis, dan gak pula belajar nulis.

    Aduuuh, motivasinya dan to the point-nya itu bikin saya malas menjawab pertanyaan berbau kayak gitu. Saya aja bangun blog itu bisa menghasilkan 1,5 tahun. Gak ada yang instan.

    Waaah dari 3 blogger itu, aku cuma kenal Mba Rini. Hehehe.

    1. Post
      Author
      Prajna Vita

      Untuk ambil foto aku terinspirasi dari Mas Wira, untuk ambil ide dari Kak Yuki, kalau Mba Rini termotivasi untuk bisnisnya Mba., hehe
      Bangun blog memang nggak mudah dan konsistennya itu kadang jadi masalah..

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.