Belajar SEO Blogger Bareng Grup Blog Walking Asik, Banyak Bercandanya Tapi ‘Daging’

Belajar SEO Blogger Bersama BWA

Belajar itu bisa dari mana aja. Dan, aku memilih nge-blog agar bisa belajar banyak hal, termasuk skill menulis. Saat ini bahkan nulis ya nggak nulis aja, tapi juga belajar marketing lewat tulisan, ya SEO. Memilih nge-blog juga harus belajar SEO blogger supaya blog kita mudah ditemukan oleh yang membutuhkan informasi. 

Ketemulah dengan grup Blog Walking Asik yang benar-benar seru. Lalu, ada sharing session mengenai “Cara Meningkatkan Traffic Blog” pada Jumat, 19 November 2021. Sharing diisi oleh Bang Doel, blogger dari doel.web.id yang dimoderatori oleh Ari Santosa, blogger arigetas.com. 

Apa Itu Grup Blog Walking Asik?

Seru seruan dengan para blogger Indonesia di grup WA Blog Walking Asik (BWA). Salah satu kegiatan rutin dari grup ini ialah saling mengunjungi postingan blog untuk komen dan saling interaksi. Tujuannya adalah menaikkan traffic blog, jadi kita sama-sama membantu blogger satu dengan lainnya. 

Aku akan review sekilas mengenai materi sharing session untuk belajar SEO dasar seorang blogger.

Langkah Pertama Belajar SEO Blogger

Salah satu cara meningkatkan traffic blog ialah dengan menerapkan SEO pada blog. Materi yang disampaikan oleh Bang Doel mengenai SEO bikin aku antusias karena penting sekali SEO untuk sebuah blog. Bang Doel menyampaikan beberapa langkah yang perlu kita tahu.

On Page

Mengoptimalkan on page jadi langkah awal menerapkan SEO secara organik. SEO on page bisa kita mulai dari mengevaluasi kecepatan website. Jangan sampai web kita lambat dan membuat pengunjung malas menunggu konten kita. Selain itu, konten juga menjadi hal yang perlu kita optimalkan.

Membuat judul yang menarik akan membuat pengunjung ingin mengklik konten kita. Menulis dengan kalimat aktif dan mudah dipahami, memberikan heading 1 dan 2 pada artikel jadi teknis penting. Jangan lupa untuk menambahkan foto, gambar, atau video yang relevan dengan pembahasan.

Riset Keyword

Riset keyword menjadi kegiatan yang gampang-gampang susah. Mengoptimalkan SEO harus memilih keyword yang tepat dan potensial mendatangkan user. Sebagai seorang blogger, perlu juga riset keyword agar artikel mudah keluar dalam pencarian google. 

Kita perlu mengikuti apa mau google karena teknologi canggih ini memang sudah mempelajari psikologi manusia. Kita harus belajar SEO google dengan riset keyword untuk membuat traffic blog meningkat. 

Mengembangkan Konten

Konten ialah hal inti dari sebuah blog. Tanpa konten, blog tidak memiliki isi dan akan mati. Terkadang menemukan inspirasi untuk konten memang terasa sulit, tapi saat ini google sudah memberikan kemudahaan dengan tools-tools-nya. Adanya Google Search Console dapat membantu kita mengembangkan konten.

Tools tersebut bisa loh memberikan data keyword apa saja yang relevan dengan artikel kita dan berapa pencariannya. Tipsnya adalah kita bisa mengembangkan konten dari keyword yang google search console tersebut tampilkan. Pilih yang memiliki tampilan banyak dan kita bisa mengembangkannya.

Off Page

Cara meningkatkan traffic blog dengan off page mungkin akan sering dilakukan oleh blogger. Kerja sama atau blog placement akan meningkatkan traffic blog secara off page. Namun, agar bisa mendapatkan blog placement memang perlu kerja keras ya, Guys. Nggak semua client tertarik dengan blog kita.

Memiliki traffic yang bagus akan membuat client tertarik, jadi kita perlu memaksimalkannya. Off page berupa backlink atau link building untuk membantu membangun blog kita. Brand mention juga dapat membangun blog dan memiliki potensi rangking di google.

Tantangan dalam Riset Keyword SEO

Menentukan keyword itu ya susah-susah gampang. Tantangan paling berat sih ya kompetitor, lalu gimana bikin artikel sesuai kebutuhan pembaca, sampai bahasa yang pas untuk pembaca kita. Sharing session kali ini, Bang Doel bahas juga gimana tantangan riset keyword yang aku tunggu-tunggu banget materinya.

Kompetitor

Tantangannya cukup berat sih ketika melihat kompetitor pada saat riset keyword. Banyak konten-konten atau situs website yang berada pada page one google. Bang Doel juga kasih tips dan trik bagaimana memilih keyword agar mampu bersaing dengan kompetitor. 

Search Intent

Nah, search intent ini sangat penting kita perhatikan sebelum membuat konten. Artikel harus dapat memenuhi kebutuhan pembaca dan mampu memecahkan masalahnya. Selain riset keyword, agar artikel kita mampu SEO friendly juga harus mengerti search intent. 

Bahasa

Kita perlu tahu siapa pembaca kita dan umur berapa. Membuat artikel yang informatif dan enak dibaca menjadi tantangan seorang blogger. Tentu kita tidak mau dong pembaca bosan ketika membaca konten kita. Bahasa yang renyah dan asik tentu akan membawa pembaca habis membaca artikel kita.

Itulah materi pada sharing session grup WA Blog Walking Asik yang sangat ‘daging’. Kita bisa belajar dari mana saja dan di mana saja. Bahkan grup WA pun bisa membuat aku belajar SEO  blogger bersama blogger-blogger keren lainnya. Jadi blogger ya harus banyak belajarnya, jadi kesalahan besar kalau ingin cepat menghasilkan uang dari nge-blog.

Aku juga tulis 7 Cara Menjadi Blog Pemula, apa kesalahan yang kadang bisa terjadi. Ada juga blogger yang menginspirasi. Cek ya. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.