Bukan Utang! Ini Cara Manfaatin Traveloka PayLater: Dari Keperluan Mendesak Hingga Menekan Budget Traveling

Bukan Utang! Ini Cara Manfaatin Traveloka PayLater

“Jangan Sampai Liburan atau Traveling dari Berutang.” Justru bisa loh menekan budget-nya pakai Traveloka PayLater

Prinsip itu selalu aku tekankan untuk menghindari pusing setelah traveling. Apalagi dengan status aku sekarang adalah freelancer. Tidak pikir panjang lagi untuk traveling berhari-hari karena tidak ada tembok besar bernama “pengajuan cuti”.

Masalah yang kerap muncul, yaitu invoice yang tak kunjung cair ketika momen promo masih berlangsung. Duh, keburu habis promonya, tapi dananya belum ada. Akhirnya, gesek credit card dan bunganya juga lumayan, nggak sebanding dari diskon promonya. 

Itu dulu. Sekarang sudah tahu cara siapin tabungan traveling dengan cara budget planning ala Li-Kha Shing. Aman deh sekarang. 

Kenapa Penting Merencanakan Dana Traveling Atau Liburan

Penting Banget Merencanakan Budget Traveling/Foto: Hari Akbar
Penting Banget Merencanakan Budget Traveling/Foto: Hari Akbar

Liburan atau traveling setiap orang pasti punya tujuan yang berbeda. Ada yang lebih suka staycation, wisata religi, wisata sejarah, kuliner, wisata alam, petualangan, atau belanja. 

Dananya tentu berbeda, tergantung gaya traveling masing-masing. Mau ke mana aja dan berapa lama serta sesuaikan dengan kemampuan.

Jangan sampai berutang untuk jalan-jalan. Senang enggak, pusing setelahnya iya.

Ini pentingnya buat rencana dana traveling biar setelah traveling kamu tetap bahagia.

Pentingnya Merencanakan Dana Traveling/Infografis: Prajna Vita
Pentingnya Merencanakan Dana Traveling/Infografis: Prajna Vita

Menciptakan Kebiasaan Menabung

Menabung itu susah-susah gampang. Susah karena bisa aja tergiur dengan keinginan lain dan gampang kalau sudah terbiasa. Apalagi para wanita yang selalu lemah dengan diskon. 

Kebiasaan menabung memang harus dilatih agar bisa konsisten dan perencanaan keuangan dapat tercapai. Banyak loh, karyawan dengan gaji UMK bahkan bisa memiliki rumah, kendaraan, dan traveling. 

Itu karena mereka terbiasa menabung dan memiliki tujuan keuangan yang jelas. 

Tidak Utang untuk Traveling

Menabung adalah cara kita menghindari utang. Memutuskan berutang ialah ketika mendesak, bukan untuk traveling atau liburan. Bagi yang doyan traveling, tentu keinginan mengunjungi tempat tertentu dalam setahun bisa lebih dari tiga kali. 

Apabila setiap kali traveling, berutang, lalu berapa banyak utang yang akan tertimbun. Meskipun bisa menggunakan credit card, tetapi ada bunga yang harus ditanggung jika telat membayarnya. 

Dana Tertarget

Salah satu motivasi menabung dan menyiapkan dana traveling ialah target. Jika aku ingin traveling ke Bali tahun depan, maka aku akan merencanakan berapa uang yang harus aku sisihkan hingga tercapai targetnya. 

Kita bisa juga menargetkan tabungan sampai momen diskon besar-besaran, seperti pesawat, kereta api, dan hotel. 

Misalnya, kita akan mengejar pembelian pada saat diskon pesawat di akhir tahun. Maka, pada akhir tahun, target dana traveling untuk pesawat sudah tercapai. 

Cara ini juga melatih konsistensi menabung loh, jadi tidak tergiur dengan diskon baju atau lainnya. 

Traveloka PayLater Solusi Bagi Para Traveler

Traveloka PayLater Solusi untuk Para Traveler/Foto: Hari Akbar
Traveloka PayLater Solusi untuk Para Traveler/Foto: Hari Akbar

Bagi seorang traveler, punya kartu kredit itu perlu apalagi untuk yang sering traveling ke luar negeri. Waktu aku traveling ke Thailand, ketika mau booking hostel itu harus menggunakan credit card. Bingung dong karena belum punya. 

Melakukan pengajuan ke bank juga sulit, perlu ada persyaratan gaji, dan lain sebagainya. Belum lagi proses persetujuannya juga lama. Itu pun kalau disetujui, kalau tidak? Yah, keburu promo diskon hostelnya habis. 

Perencanaan budget yang sudah disusun sedemikian rupa dan menunggu waktu yang tepat saat promo bisa gagal. Akhirnya, pinjam credit card teman deh. Semenjak itu aku memutuskan untuk setidaknya punya kartu kredit untuk cari promo. 

Eh, tapi. Ada Traveloka PayLater yang bisa jadi solusi. Kenapa aku berani bilang bahwa Traveloka PayLater bisa jadi solusi bagi para traveler? Sebelumnya kita kenalan dulu yuk sama produk traveloka sebagai pengganti kartu kredit ini.

Nikmati Kemudahannya/Image: Prajna Vita
Nikmati Kemudahannya/Image: Prajna Vita

Kartu Kredit Online

Istilahnya ialah kredit online, di mana aku bisa menggunakan cicilan tanpa kartu kredit. Bisa aku gunakan untuk semua produk di traveloka, mulai dari tiket pesawat, tiket kereta, hotel, masuk wahana, dan lainnya. Tapi tidak bisa untuk pembayaran tagihan dan to up pulsa ya. 

Cicilannya bisa dari 1-12 bulan, bunganya juga rendah banget, yaitu 2,25% – 4,80%. Limitnya bisa sampai 50 juta. Wah, ini mah gede bangeeet. Cocok buat para traveler karena tiket pesawat itu yang mahal, jadi bisa pakai Traveloka PayLater.

Anti Ribet

Punya kartu kredit tapi nggak perlu punya tabungan dan nggak perlu ribet dengan slip gaji? Bisa nggak sih? 

Bisa banget. Traveloka PayLater selain bisa daftar secara online, kita juga nggak perlu punya tabungan. Jadi nggak ribet deh harus urus keluar rumah untuk urus ini itu, termasuk slip gaji.

Apalagi freelancer atau pekerja lepas yang tidak ada pendapatan tetap, kalau mengajukan kartu kredit pasti susah. 

Cukup dari rumah semuanya bisa selesai dan pendaftaran juga terverifikasi di Traveloka. Traveler tinggal fokus mengatur rencana traveling dan itinerary aja. 

Tanpa Biaya Tahunan

Biaya tahunan untuk kartu kredit rata-rata bisa 240 ribu sampai 300 ribu. Apabila ada promo, biasanya free untuk tiga tahun pertama aja. Aku nggak perlu lagi mikirin biaya tahunan untuk Traveloka PayLater karena free selamanya. 

Bisa aku sisihin untuk tabungan traveling selanjutnya. Ini sih untungnya menggunakan Traveloka PayLater sebagai pengganti kartu kredit. Kita bisa irit dan lebih mudah dalam pembayaran. 

Bunga Ringan

Apabila ingin melakukan cicilan, tidak perlu khawatir dengan bunganya. Traveloka PayLater memiliki bunga ringan dan sangat terjangkau untuk para traveler. Jadi, cicil di Traveloka PayLater tidak akan membuat kantong kita boncos. 

Cicilan untuk 3, 6, atau 12 bulan juga bunganya tetap ringan. Mau beli tiket pesawat atau kereta tetap aman. 

Bayar Cicilan Bisa dari Bank Mana Aja

Kemudahan lainnya yang bisa kita nikmati ialah bisa bayar cicilan dari bank mana aja. Bisa menggunakan transfer ataupun BCA virtual account. Jadi, nggak perlu khawatir kita punya rekening apa. Mudah tanpa ribet. 

Level Member Traveloka PayLater

Perbedaan Level Member Traveloka PayLater/Foto: Hari Akbar
Perbedaan Level Member Traveloka PayLater/Foto: Hari Akbar

Setelah sudah bisa menggunakan Traveloka PayLater, kita juga bisa dapetin fasilitas lebih loh. PayLater card dan virtual number bisa kita dapatkan setelah menjadi member khusus. Nantinya akan ada email dari Traveloka jika kita sudah memenuhi syarat untuk naik level. 

Syarat yang harus kita penuhi ialah meningkatkan aktivitas pembelian dan melakukan pembayaran yang baik. Nanti Traveloka akan menawarkan dua kemungkinan, yaitu PayLater Card atau Virtual Number. Ini perbedaan untuk PayLater Card dan Virtual Number.

Perbedaan Level Member Virtual Number dan PayLater Card/Infografis: Prajna Vita
Perbedaan Level Member Virtual Number dan PayLater Card/Infografis: Prajna Vita

Rekomendasi Bacaan:

Cara Baru untuk Menggunakan Traveloka PayLater

Virtual Number

Member yang sudah pada level Gold 1 atau lebih tinggi akan mendapatkan penawaran ini. Limitnya bisa kita gunakan untuk belanja online di berbagai merchant yang telah bekerja sama.  

Sama dengan kartu kredit, kita akan mendapatkan 16 digit number yang nantinya kita gunakan untuk transaksi. Kita juga tetap bisa mengubahnya menjadi cicilan di PayLater Virtual Number ini loh. 

Mau pengajuan pengaktifan, kamu bisa Aktifkan Sekarang.

PayLater Card

Apabila sudah memenuhi syarat, bisa mendapatkan PayLater Card yang bisa kita dapatkan secara fisik. Kartu kredit ini diterbitkan oleh Bank BRI bekerja sama dengan Traveloka Group. 

Menariknya, kartu ini bisa digunakan ke semua merchant berlogo visa, baik offline ataupun online. Berguna banget ketika traveling ke luar negeri karena bisa juga digunakan secara global. Bahkan, bisa digunakan untuk penarikan tunai, jadi membantu banget pada saat kepepet.

Pengajuannya juga sangat mudah, bisa melalui online dan kartu akan dikirim ke alamat kita maksimal 2 minggu.

4 Step Pengajuan PayLater Card/Infografis: Prajna Vita
4 Step Pengajuan PayLater Card/Infografis: Prajna Vita

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Traveloka PayLater

Cari Waktu yang Tepat untuk Dapetin Harga Murah/Foto: Hari Akbar
Cari Waktu yang Tepat untuk Dapetin Harga Murah/Foto: Hari Akbar

Jujur guna banget pakai PayLater, tapi godaan utang itu cukup besar. Kita ubah yuk, supaya bijak memanfaatkannya.

Beli dulu, bayar belakangan itu sangat menggiurkan ya. Aku juga sering kali tergoda, ujung-ujungnya jadi utang deh. Padahal bisa loh menggunakan PayLater untuk meminimalkan budget. Tidak untang, tapi justru menguntungkan. Gimana caranya?

Ini Waktu yang Tepat Menggunakan PayLater/Image: Prajna Vita
Ini Waktu yang Tepat Menggunakan PayLater/Image: Prajna Vita

Kejar Momen Promo

Siapa sih yang nggak mau dapet harga murah? Promo di Traveloka itu buanyaaak. Aku juga dapetin promo tiket kereta Pekalongan – Semarang akhir Desember 2021 lalu. Setelah itu diskon 10% untuk hotel. Wah, budget traveling untuk hotel dan kereta bisa aku alokasikan ke kuliner. 

Traveler, jangan pernah lewatin diskon karena lumayan banget buat menekan budget traveling. Apalagi tiket pesawat yang kadang harganya juga nggak murah. Manfaatkan PayLater untuk kejar promo karena banyak banget promo untuk yang menggunakan PayLater. 

Momen menjelang liburan atau high season biasanya banyak diskon lebih besar. Bisa manfaatkan momen tersebut untuk beli tiket, hotel, hiburan, tiket wisata, dan sebagainya. Namun, sebaiknya pilih untuk periode peak season ya karena harga high season akan lebih tinggi. 

Rebutan Flash Sale

Flash sale punya harga yang murahnya kebangetan, bahkan bisa diskon 70% hingga 90%. Kesempatan banget untuk para traveler karena harga murah itu sangat berharga. Tips untuk meminimalkan budget traveler salah satunya ialah mantengin flash sale dan tentu akan rebutan. 

Flash sale cepet banget hilang apabila kita telat bayar, jadi jangan sampai keduluan orang lain ketika sudah dapat flash sale. Traveloka PayLater guna banget untuk kita yang lagi rebutan flash sale, jadi pembayaran juga nggak nanti-nanti. Harga murah bisa cepat di tangan kita.

Patungan Beli Tiket Saat Diskon

Keuntungan PayLater yang limit awalnya 10 juta dan bisa hingga 50 juta cocok banget untuk patungan. Apabila ingin traveling dengan travelmate, bisa cari promo Buy 1 Get 1 dan bayar dulu dengan PayLater. 

Kita bisa membeli tiket promo lebih dari satu dan ajak travelmate dengan harga murah. 

Kumpulkan Poin untuk Tukar Hotel, Tiket, atau Hiburan

Semakin banyak melakukan pembelian atau transaksi di Traveloka, semakin sering mendapatkan poin. Kumpulkan poin-poin tersebut dan manfaatkan untuk ditukarkan dengan hotel, tiket, hiburan, atau tempat wisata. 

Traveloka PayLater punya bonus poin yang cukup banyak. Aku juga beli tiket masuk wisata atau hiburan pakai Traveloka, nanti bisa dapat poin dari situ. Bisa dapet diskon, dapet poin pula. Itu jadi cara aku ngumpulin poin sedikit demi sedikit. Kalau mau dicoba, boleh banget.

Sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit.Berguna banget deh buat traveler yang punya prinsip jalan-jalan irit.

Kesimpulan

Produk dari Traveloka ini asli sih, Jujur Guna Banget Pakai Paylater. Meskipun membantu pada saat kepepet, tapi harus bijak pemakaiannya. Intinya, kalau mau traveling tetap siapin budgetnya dengan cara mengatur keuangan dengan baik. 

Pakai dulu, bayar belakangan nggak ada masalah kok, apalagi untuk kejar diskon dan promo. Tapi, memang sudah ada back up uang untuk tagihannya ya.  

Pakai Traveloka PayLater bisa banget buat menekan budget traveling, khususnya hotel, pesawat, dan kereta. Poin-poinnya bisa kamu kumpulin lagi buat traveling deh.

Comments

  1. Ainun

    Untuk kebutuhan mendadak bermanfaat juga ya traveloka pay later ini, jadi kalau misal ada keluarga yang butuh kemana secara mendadak bisa menggunakan fasilitas ini

    1. Post
      Author
    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.