5 Cara Mengatasi Jenuh Kerja, IndiHome Bikin Tetap Produktif

Cara Mengatasi Jenuh Kerja

IndiHome bisa membuat hari-hari kamu tanpa bosan. Termasuk bagaimana cara mengatasi jenuh kerja. Gimana caranya? 

Seberapa pentingkah internet di hidup kamu? Untuk bekerja, mencari hiburan, dan kepentingan lain di luar rumah. Jaringan internet digital memang begitu penting untuk aktivitas sehari-hari. Apalagi, pascapandemi digitalisasi sangat cepat perkembangannya. 

Kerja di rumah atau aktivitas di rumah aja bahkan lebih dari satu tahun. Jenuh dan bosan pasti ada. Mencari hiburan juga harus tetap berada di rumah. Kamu yang kerap kali mengalami jenuh kerja, ada cara mengatasi jenuh kerja dan bagaimana cara berdamai dengannya.

Aktivitas Tanpa Batas Bersama IndiHome, Jenuh Kerja? Enggak Lagi!

Atasi Jenuh Kerja dengan Kegiatan Menyenangkan
Atasi Jenuh Kerja dengan Kegiatan Menyenangkan

Kamu pasti membutuhkan internet cepat untuk kenyamanan aktivitas ketika mengakses beragam konten. Nah, provider internet ini punya kecepatan 10 hingga 300 Mbps. Kebayang dong seperti apa kecepatannya.

Layanan IndiHome juga bisa kamu akses di perangkat smartphone, PC, dan TV, serta akses OTT yang tersedia. Kamu bisa akses Youtube, Vidio, Disney+Hotstar, dan Iflix dalam satu jaringan. Selain kamu bisa bekerja secara maksimal, mengakses beragam hiburan ketika bosan kerja juga nggak bingung lagi. 

Ketika mulai jenuh kerja di rumah, pasti akan mencari hiburan lain yang tetap bisa kamu nikmati di rumah. Layanan jaringan internet menjadi hal utama yang kamu butuhkan. Menonton film, mendengarkan musik, bermain game, atau akses konten hiburan lainnya bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi jenuh kerja. 

Sudah Mulai Jenuh Kerja? Ini Tips Mengatasinya

Berdamai dengan Kejenuhan
Berdamai dengan Kejenuhan

Jenuh kerja pasti akan terjadi dan mau tidak mau kamu harus menghadapinya. Setiap orang biasanya memiliki cara menghilangkan jenuh kerja dengan cara masing-masing. Namun, tips ini bisa juga kamu tiru agar bisa produktif lagi.

Cari Suasana Kerja di Tempat Berbeda

Kerja di rumah atau di kantor yang terlalu lama terkadang jadi faktor kamu butuh tempat yang berbeda. Dekorasi, posisi, atau suasana yang itu-itu aja bisa membuat kamu bosan. Kerja di cafe atau perpustakaan umum juga bisa jadi solusi loh. 

Sekarang justru banyak sekali cafe yang memberikan dekorasi cantik, tempat nyaman, dan kopi dan camilan yang enak. Coba saja untuk keluar dan mencari tempat kerja yang berbeda. Selain itu, cafe juga sudah banyak yang menyediakan jaringan internet untuk kebutuhan pelanggannya.

Tinggalkan Pekerjaan Sementara, Lalu Kembali

Ketika kamu mengerjakan project yang panjang tentu akan datang rasa bosan. Kamu bisa meninggalkan pekerjaan sementara untuk mencari hiburan lain, lalu kembali. Terkadang otak dan tubuh butuh istirahat dari rutinitas, tidak ada salahnya jika kamu meninggalkannya sebentar. 

Kamu bisa menonton film, bermain game, atau akses konten-konten motivasi lainnya. Kalau kamu pakai jaringan internet IndiHome pasti kamu bisa mengakses beragam OTT. 

Ingat ya, jangan sampai kamu terlalu lama bermain sampai lupa pekerjaan. 

Eksplor Hobi Lain

Pasti kamu memiliki hobi yang membuatmu senang ketika melakukan pekerjaan itu. Terkadang kita bisa saja memiliki lebih dari satu hobi dan bisa mengeksplornya ketika dalam keadaan jenuh. Tidak ada salahnya bermain dengan hobi untuk menghilangkan jenuh.

Kalau kamu hobi menonton film, bisa eksplor berbagai macam film ataupun serial. Apabila hobi olahraga kamu juga bisa mengakses streaming yoga atau olahraga yang kamu suka dan lakukan di rumah. Tetap bisa menyenangkan kok selama ada jaringan internet yang stabil di rumah.

Belajar Hal Baru

Belajar hal baru itu menyenangkan loh. Kita jadi tahu sesuatu yang sebelumnya belum tahu. Apalagi perkembangan yang cepat ini, terkadang menemukan sesuatu yang baru. Coba aja untuk belajar dan pelajari sedikit-sedikit. 

Hal baru dalam pekerjaan juga tetap seru, misalnya belajar tentang konten, video marketing yang saat ini masih tren, dan hal-hal lainnya. Banyak juga webinar yang membahas mengenai hal-hal baru dan bermanfaat untuk sekarang atau ke depannya, misalnya webinar mengenai investasi.

Lakukan Aktivitas Kreatif

Kreativitas terkadang membuat kita makin dapat menemukan ide-ide baru. Kebosanan juga bisa kamu atasi dengan melakukan aktivitas yang kreatif, misalnya mewarnai atau menggambar, menyusun puzzle, mendekor ruangan, menulis kreatif, bermusik, atau kegiatan lainnya. 

Cara Seimbangkan Hidupmu Agar Mental Tetap Sehat

Aktivitas Seimbang Membuat Mental Tetap Sehat
Aktivitas Seimbang Membuat Mental Tetap Sehat

Terlalu lama bekerja dan akhirnya merasakan jenuh hingga stres tentu tidak baik untuk tubuh. Jenuh atau stres sebenarnya bisa terjadi karena hidup kamu tidak seimbang. Kamu menggunakan terlalu banyak jam untuk bekerja tanpa memanfaatkan waktu istirahatmu.

Yuk, mulai seimbangkan hidupmu agar mental tetap sehat dan bebas dari rasa jenuh ketika bekerja. Gimana caranya? Cara mengatasi jenuh kerja ini bisa kamu coba.

Gunakan Jam Kerja Secara Maksimal

Kamu sudah memiliki jam kerja yang teratur, sebaiknya gunakan secara maksimal. Apabila kamu seorang freelancer atau pekerja lepas, atur jam kerja sesuai porsinya. 

Usahakan agar kamu tetap produktif dan pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Hindari kerja tambahan, jika memang harus, usahakan agar tidak berlebih. Kamu bisa gunakan strategi Deep Work dan Shallow Work untuk mengatur waktu agar produktif.

Maksimalkan Jam Istirahat

Beri tubuh yang cukup untuk istirahat. Kamu perlu memiliki jam tidur kurang lebih 9 jam dalam sehari semalam. Gunakan weekend untuk istirahat dan hindari pekerjaan jika tidak urgent. Keseimbangan antara kerja dan istirahat akan membuat tubuh dan pikiran selalu fresh. 

Penting sekali untuk diterapkan ya.

Beri Waktu untuk Hobi

Memiliki hobi itu harus dan harus pula kita bermain dengan itu. Apalagi jika hobi bisa menghasilkan uang. Wah, ini sih bonus banget. Well, hobi itu seperti keseimbangan mental kita karena kita bisa bersenang-senang dengan hobi. 

Olahraga, membaca, menonton film, atau apa pun itu bisa kamu lakukan seminggu sekali ketika weekend. Jadi, selama libur kerja, beri waktu untuk hobi kamu. Jika kamu melakukannya secara rutin, hobi itu bisa berkembang loh. 

Sosialisasi 

Menjalin komunikasi dengan orang lain sangat penting untuk menambah jaringan. Sempatkan untuk sosialisasi, entah itu dengan teman ataupun dengan orang baru. Adanya teknologi dan jaringan internetnya Indonesia, kamu juga lebih mudah menjalin komunikasi.

Banyak cara sosialisasi yang bisa kamu lakukan, seperti ikut dalam kompetisi karya kreatif, volunteer kegiatan sosial, atau ikut event sesuai kegemaran. Kegiatan tersebut akan membuat kamu menemukan jaringan dan kenalan baru. 

Bahkan program IndiHome Charity juga menjadi salah satu acara yang bisa kamu ikuti loh. Bakti sosial untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi. Melalui karya kreatif, kamu bisa melatih skill sekaligus mendapatkan jaringan baru. 

Traveling

Nah, kegiatan yang satu ini mungkin bisa kamu lakukan setelah pandemi berakhir. Tunggu dan bersabar sebentar ya, hehe

Agendakan traveling maksimal setahun sekali untuk membuat mental kamu tetap sehat. Traveling sekarang juga sudah mudah, dengan serba digital, semua planning bisa kamu lakukan secara online. Apalagi kamu pengguna IndiHome, banyak promonya kalau pakai Aplikasi IndiTravel

Bisa bantu kamu pesan tiket kereta api, pesawat, atau hotel secara online. Tinggal, klik klik, semua rencana beres dan kamu jalan-jalan sudah tenang.

Senangnya lagi nih, dengan adanya Wifi.id Seamless, traveling kemana aja kamu aman dengan fasilitas internet dari IndiHome. Kamu bisa tersambung di seluruh titik Wifi.id di seluruh Indonesia. Mau cari informasi ketika di jalan, nggak perlu bingung lagi. 

Traveling itu pasti membutuhkan jaringan yang stabil dan harus siap kapan pun. Repot dong kalau tiba-tiba kamu butuh jaringan tapi nggak memungkinkan. Kecepatan Wifi.id Seamless hingga 100 Mbps dan internetan lancar tanpa buffering. 

Kesimpulan

Mengalami jenuh kerja pasti bisa terjadi pada setiap orang, kuncinya ialah bagaimana kita harus berdamai dan mengatasinya. Penyebabnya juga beragam, jadi perlu tahu apa penyebabnya dan cari solusinya bagaimana mengatasi jenuh kerja. 

Kamu bisa sesekali kerja di kafe, perpustakaan, atau tempat favorit untuk mendapatkan suasana yang berbeda. Meninggalkan pekerjaan sementara, lalu nanti bisa kembali lagi untuk mengistirahatkan pikiran. Boleh juga eksplor hobi lain supaya ada kegiatan yang berbeda. 

Belajar hal baru juga seru loh untuk menambah pengetahuan juga. Lakukan aktivitas kreatif bisa bikin otak kamu lebih kreatif dan menemukan cara atau ide-ide baru. Jangan lupa untuk menyeimbangkan hidup kamu agar mental tetap sehat dan nggak gampang stres. 

Tenang saja karena peran IndiHome dapat membangun kedaulatan digital Indonesia. Adanya internet yang stabil dan akses yang luas kamu bisa menggunakan banyak perangkat untuk melengkapi aktivitas kamu. 

Kerja tetap produktif, aktivitas hiburan atau belajar pun tetap aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *