3 Ide Mobil yang Cocok untuk Traveling: Bikin Mupeng Road Trip dan Bagaimana Urus Asuransinya

Mobil yang cocok untuk traveling

Pernah punya mimpi road trip keliling Indonesia? Apalagi dengan mobil yang cocok untuk traveling, jadi seperti di film-film. 

Menyenangkan sekali pasti bisa menikmati road trip dengan mobil yang kuat ketika harus melakukan perjalanan jauh. Perawatannya tentu perlu kamu perhatikan ya, mulai dari mesin hingga asuransinya karena risiko juga cukup tinggi. 

Mobil Para Traveler yang Bikin Mupeng

Traveling dengan mobil membutuhkan space yang besar karena perlu membawa barang dan harus bisa untuk tidur. Banyak loh para traveler yang memodifikasi mobilnya jadi unik. 

Mobil Camping

Mobil Camping untuk Menikmati Suasana Malam dari Atap Mobil
Mobil Camping untuk Menikmati Suasana Malam dari Atap Mobil/Foto: hips.hearstapps

Memodifikasi mobil dengan menambahkan tenda di bagian atas mobil. Bisa sedikit menikmati malam dari ketinggian, meskipun hanya di atap mobil. Camping dari kota satu ke kota lain akan memberikan pengalaman yang berbeda-beda pastinya.

Home Camp

Seperti Punya Rumah Minimalist yang Bisa Berpindah-pindah
Seperti Punya Rumah Minimalist yang Bisa Berpindah-pindah/Foto: broadsheet.com

Camping seperti membawa rumah. Mendesain mobil menjadi layaknya rumah yang bisa berpindah-pindah ke setiap kota. Boleh nih jadi referensi kamu, menyulap interior mobil menjadi rumah kecil yang minimalist.

Camper Van

Mobil Klasik Jadi Mobil yang Cocok untuk Traveling
Mobil Klasik Jadi Mobil yang Cocok untuk Traveling/Foto: lushpalm.com

Penyuka mobil antik, vintage, atau retro pasti memimpikan road trip dengan van seperti ini. Selain unik, cukup instagramable juga loh di zaman sekarang ini. Kamu yang udah punya van antik, bisa nih memodifikasinya menjadi camper van. 

Jangan lupa ya perawatannya harus ekstra karena road trip merupakan perjalanan jauh. Perlu menjaga kesehatan mesin dan jarak tempuhnya.

Mobil yang Cocok untuk Traveling Atau Road Trip

Punya mobil yang bisa sekaligus untuk road trip itu harus untuk yang suka perjalanan jauh. Jangan bingung milih yang mana, aku punya rekomendasinya untuk mobil yang cocok untuk touring atau road trip.

Toyota Land Cruiser

Mobil Gagah untuk Road Trip
Mobil Gagah untuk Road Trip/Foto: motortrend.com

Gagah banget pasti untuk road trip dan kuat untuk berbagai kondisi jalan. Bisa jadi pilihan kamu biar nggak khawatir ketika nemuin jalan yang berbatu dan licin. Mobil ini siap menerjang.

Nissan Navara

Mobil yang Cocok untuk Camping dan Traveling Medan Ekstrim
Mobil yang Cocok untuk Camping dan Traveling Medan Ekstrim/Foto: nissan.co.id

Cocok untuk yang suka road trip di medan yang ekstrim. Bagian belakang mobil juga cukup lebar jadi bisa untuk membawa barang-barang. Nissan juga mobil yang cocok untuk camping.

Vw Type 2 T2 ‘Kombi’

Mobil yang Cocok untuk Traveling Zaman Sekarang
Mobil yang Cocok untuk Traveling Zaman Sekarang/Foto: Fafan Suryo.Courtesy Yogyakarta Vw Festival 2013

Penyuka mobil klasik, inilah mobil yang cocok untuk kamu. Bisa muat banyak dan cocok untuk ramai-ramai atau road trip keluarga. Bagian atap mobil juga sangat mumpuni untuk membawa barang-barang.

Membeli Mobil Baru, Jangan Lupakan Hal Berikut!

Penting Mempersiapkan Asuransi untuk Mobil Kamu/Foto: thebluecube.com

Sudah memilih mobil apa untuk road trip kamu? Selain membeli mobil, perhatikan juga ya asuransinya karena sangat penting. Merencanakan keuangan untuk perawatan mobil juga nggak ada ruginya kok. Kamu tinggal daftar asuransi mobil terbaik untuk mobil yang kamu cintai. 

Beberapa waktu lalu, terdapat fenomena banyak orang yang membeli kendaraan baru meskipun pandemi masih berlangsung. Fenomena ini terjadi karena adanya pembebasan pajak atas barang mewah untuk mobil baru berkapasitas 1500 – 2000 cc yang diatur oleh Kemenkeu di bulan Februari 2021 lalu. 

Terkadang, ketika melihat hal tersebut banyak orang berbondong-bondong membeli kendaraan namun melupakan hal-hal penting. Membeli kendaraan bukanlah dengan uang yang sedikit, jangan sampai kamu kecolongan dan mengalami rugi ketika membeli kendaraan tersebut. 

Kali ini aku juga akan bahas cara daftar asuransi mobil dan hal yang perlu kamu perhatikan, terutama ketika membeli mobil baru.

Skema Pembayaran dan Asuransi

Hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah bagaimana skema pembayaran kendaraan yang baru kamu beli. Pastikan berapa pembayaran DP sebelum melakukan serah terima, besaran cicilan, dan kapan jatuh tempo pembayaran setiap bulannya. 

Jangan lupa untuk tahu bagaimana tata cara pembayarannya. Pastikan kontrak kredit kendaraan tersebut sesuai dengan kesepakatan. Selain itu, kamu jangan lupa untuk daftar asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu ya. Apabila kamu telah mendaftar pada program asuransi kendaraan mobil, kamu perlu memastikan kontrak asuransi yang kamu beli. Pastikan bahwa sesuai dengan kesepakatan.

Serah Terima Dilakukan Siang Hari

Selanjutnya kamu akan melakukan serah terima kendaraan baru. Penting bagi kamu untuk meminta kepada pihak dealer melakukan serah terima kendaraan pada siang hari. Hal ini dapat memudahkan kamu dalam melakukan pengecekan kondisi kendaraan.

Cek Kondisi Fisik dan Fitur Kendaraan

Kamu harus melakukan pengecekan dengan seksama kondisi fisik dan fitur kendaraan. Pastikan tidak ada cacat pada bodi mobil, lampu sen, klakson, dan fitur lainnya berfungsi dengan baik. Pastikan pula bahwa interior kendaraan baru kamu masih terbungkus plastik dan dalam kondisi baru. 

Jangan sampai ada noda atau bagian interior yang tidak lengkap. Termasuk mobil dikirimkan lengkap dengan buku manual, ban serep, dan peralatan lainnya. Kamu juga perlu memastikan bagaimana dengan garansi kendaraanmu dan mekanismenya. 

Jangan khawatir, biasanya pihak pengiriman akan membantu pengoperasian dasar serta fitur-fitur pada mobil.

Test Drive

Setelah mengetahui wawasan dasar terkait fitur dan pengoperasian dari kendaraanmu, selanjutnya lakukan tes jalan kendaraan. Pastikan speedometer, odometer, perseneling, gas, kopling, rem, dan odometer mobil berfungsi dengan baik ya. Khusus odometer, pastikan posisinya berada di 0-50 km. 

Pastikan kamu nyaman dengan mobil barumu. 

Cek Ulang Surat Berharga

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan ialah surat berharga kendaraan. Surat tersebut harus sesuai dengan kendaraan kamu. Nomor rangka, mesin, tipe, nopol, dan sebagainya sesuai dengan STNK dan BPKB (bagi yang tidak cicilan). 

Cek data pemilik, harus sesuai untuk mencegah kendala ketika mengurus surat-surat di kemudian hari. Jadi, kamu tidak memakan waktu dan pengurusan pun mudah.

Nah, itu dia hal yang harus kamu perhatikan ketika membeli mobil baru. Pastikan kamu nyaman dan sesuai dengan mobil yang telah kamu beli. Jangan lupa juga untuk membaca buku manual dengan baik agar mobil yang kamu miliki tetap dalam kondisi prima. Lengkapi syarat daftar asuransi mobil agar kamu tidak repot lagi.

Kamu bisa modif mobil sesuai dengan selera dan keinginan kamu. Perlu kamu pahami bahwa mobil yang cocok untuk traveling ialah kekuatan mobil dan perawatannya. 

Jangan sampai kamu memodifikasi mobil untuk road trip tanpa tahu bagaimana kondisi mesin dan performanya serta kesiapan perawatan untuk asuransi. Hal-hal itu sangat penting dan hal utama yang harus kamu perhatikan dan siapkan. 

Setelah Pandemi mau kemana? Sampai aku sudah punya banyak referensi trip, ya nemu-nemu karena aktivitas selama pandemi kemarin sih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.