Jangan Lewatkan Momen Ini Ketika Traveling dengan Kereta

Nikmati Pemandangan Selama Perjalanan

Treveling bukan hanya soal membagi cerita tempat wisata yang dikunjungi, tetapi juga berbagi kisah perjalanan dan pengalaman. Bagaimana dan apa yang perlu dilakukan ketika akan melakukan perjalanan dengan bus, pesawat, kapal, atau kereta api.

Setiap orang pasti memiliki kegemaran masing-masing dalam memilih transportasi traveling mereka karena momen tidak bisa diulang. Bagiku, memilih kereta sebagai mode transportasi traveling menjadi pilihan pertama karena momen-momen menarik lebih sering aku dapatkan.

Seperti momen yang pernah aku temui di Stasiun Purwakarta, which is aku melihat langsung kuburan kereta. Tanpa mengabaikan momen, aku langsung Selfie Ria di Kuburan Kereta.

Pesan Tiket Tiga Bulan Sebelumnya

Booking Tiket Minimal Tiga Bulan Sebelumnya. Foto: Arya Traveling

Momen berburu kursi kereta ialah momen pertama kali yang perlu aku taklukkan. Moda angkutan umum jarak jauh ini memang memiliki peminat yang cukup tinggi, terutama untuk daerah Jawa Timur. Tidak heran jika tiket kereta cepat sekali habis apalagi untuk hari libur dan long weekend. Hal ini karena waktu yang ditempuh lebih cepat, harga terjangkau, dan nyaman.

Memburu tiket jauh-jauh hari, minimal tiga bulan sebelum keberangkatan, menjadi strategi awal aku untuk traveling. Perhatikan pula tanggal-tanggal tertentu untuk mendapatkan diskon tiket kereta api, biasanya ada di aplikasi pemesan tiket kereta api atau diskon dari kartu kredit.

Cara ini cukup menolong para traveler dua sampai tiga hari selama perjalanan. Jadi, kamu yang berencana traveling ke suatu tempat lebih baik persiapkan minimal empat bulan sebelumnya agar tidak kehabisan tiket dan rajinlah memburu diskon.

App Traveloka untuk Dapetin Diskon Kereta
App Traveloka untuk Dapetin Diskon Kereta

Kamu juga bisa berburu tiket kereta di App Traveloka dan dapatkan diskon menariknya. Traveloka punya berbagai diskon dan bisa juga menggunakan cicilan kartu kredit. Satu tips lagi, untuk mendapatkan harga yang lebih miring kamu bisa menggunakan aplikasinya di smartphone. Berdasarkan pengalaman aku, membeli tiket melalui website akan sedikit lebih mahal dibandingkan di aplikasi.

Jangan Lewatkan Pemandangan Ketika Perjalanan

Nikmati Pemandangan Selama Perjalanan
Nikmati Pemandangan Selama Perjalanan. Foto: Pixabay

Perjalanan menggunakan kereta api cukup membuatku bisa cuci mata dari gedung-gedung tinggi dan jalanan yang macet. Kereta api yang melalui persawahan dan rumah-rumah penduduk menciptakan pemandangan yang baru.

Apalagi jika perjalanan tepat pada senja atau subuh, pasti akan menemukan sunset ataupun sunrise dengan background persawahan. Selain itu, pemandangan penduduk sekitar juga menjadi hiburan sendiri karena mereka lebih dekat dengan alam. Hal inilah yang jarang sekali aku temui di Jakarta.

Mencoba Menu Makanan di Restoran Kereta

Restoran di Kereta untuk Mengatasi Kejenuhan
Restoran di Kereta untuk Mengatasi Kejenuhan Selama Perjalanan. Foto: Pixabay.com

Ketika naik kereta kamu perlu mencoba mencicipi makanan di kereta dengan datang langsung ke gerbong restoran kereta. Rasakan sensasi menikmati makanan di atas kereta yang bergerak dan diiringi oleh suara decitan kereta. Mungkin kamu akan merasakan seperti menonton film 3D, bedanya kamu menikmati makanan bukan film.

Biasanya kereta api memiliki gerbong khusus yang berisi restoran dan kamu bisa memesan makanan yang ada di menu. Selain itu, kamu juga akan dilayani oleh petugas kereta api yang ramah dan mungkin saja kamu menemukan yang cantik atau yang ganteng.

Mengobrol dengan Teman Sebangku, Kali Aja Dapet Jodoh

Sosialasisasi dengan Orang Baru Selama Perjalanan
Sosialasisasi dengan Orang Baru Selama Perjalanan

Melakukan sosialisasi dengan orang lain merupakan salah satu cara terpenting bagi traveler. Aku pernah naik kereta api kelas ekonomi mendapatkan tempat duduk yang berhadapan. Hal ini menurutku menguntungkan karena aku dapat mengobrol dengan teman sebangku.

Semakin banyak bersosialisasi dengan orang, semakin aku mendapatkan berbagai informasi dan itu berguna untuk perjalananku. Itu mengapa mengobrol dengan teman sebangku ketika di perjalanan merupakan momen yang jangan pernah dilewatkan. Berbagi informasi daerah-daerah tertentu bisa menambah informasi, apalagi jika orang tersebut merupakan penduduk dari kota yang ingin kamu kunjungi.

Gali informasi tentang kota itu dan tempat-tempat menariknya. Namun, perlu hati-hati pula dengan orang yang menurutmu mencurigakan. Hentikan pembicaraan jika teman sebangkumu sudah mulai mencurigakan.

Kereta api yang memiliki kursi berhadapan juga menjadi keuntungan bagi yang melakukan traveling lebih dari tiga orang. Dengan begitu, mereka bisa tetap dekat dan lebih mudah untuk membicarakan itinerary. Kamu juga bisa mengatasi kebosanan di dalam kereta dengan bermain kartu, tebak-tebakan, atau permainan grup lainnya.

Itulah hal-hal yang sayang sekali dilewatkan ketika kamu traveling dengan kereta api. Ciptakan keseruan lain di dalam kereta karena itu mampu menghilangkan kebosanan ketika perjalanan kamu cukup jauh.

Kenyamanan kereta tidak akan menghalangimu untuk melakukan hal-hal seru lainnya. Biasanya pengalaman di perjalanan lebih bisa membantu para traveler lain agar dapat mengatasi kebosanan di perjalanan. Tak hanya itu, pengalaman perjalanan seseorang juga bisa membantu kita agar tidak melewatkan hal-hal menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.