Ide Foto Estetik dari A Quiet Place Ini Bisa Kamu Tiru

A Quiet Place/Desain: Prajna Vita

Selain jalan cerita dan pesan moralnya, film juga selalu memperhatikan sinematografinya. Visualisasi merupakan pemanis film untuk mempertahankan penonton. Tidak heran jika sinematografi sering jadi ide foto estetik para fotografer. Kamu yang sering bingung mencari angle foto keren dan estetik bisa cari inspirasi dari menonton film loh. 

Saat ini masih ramai-ramainya A Quiet Place dan apa kamu sudah nonton? Pasti ingat betul scene mana saja yang punya angle keren.

Ceritanya Tentang Apa?

Diam untuk Bertahan Hidup/CNN Indonesia
Diam untuk Bertahan Hidup/CNN Indonesia

Bagaimana jika hidup tanpa suara? Bagaimana jika kamu sendawa? Kentut? Melangkah tanpa suara? Atau aktivitas sehari-hari? 

A Quiet Place I rilis pada 2018 dan sekuel keduanya yang rilis 2021 ini masih menceritakan perjuangan hidup suatu keluarga. Oleh karena itu, film ini tidak menceritakan detail dari mana datangnya para alien itu. Mungkin ingin memperlihatkan perjuangan keluarga untuk bertahan hidup dari alien dengan sebisa mungkin tidak mengeluarkan suara. 

Pertanyaan yang Muncul di A Quiet Place

Selama menonton film ini kerap muncul pertanyaan-pertanyaan “harus gimana biar nggak ngeluarin suara”. Padahal ya itu hanya film, skenarionya sudah diatur. Ini pertanyaan yang muncul dari aku ketika selesai menonton A Quiet Place

Alien Termotivasi Berburu, Bukan Makan

Alien Berburu, Bukan Makan/Raddit
Alien Berburu, Bukan Makan/Raddit

Serangan alien di kota tersebut menjadi hal yang mengerikan. Sensitivitas telinga si alien membuat semua tokoh harus sebisa mungkin tidak mengeluarkan suara. Ketika alien menerkam manusia, sebetulnya tidak menjadi makanan mereka. Setelah orang tersebut terlukan, alien langsung meninggalkannya begitu saja.

Hal ini menjadi pertanyaan, apakah para alien hanya termotivasi untuk berburu dan tidak untuk makan? Terus makanan mereka apa?

Keluarga Abbott Kok Jarang Makan?

Makan Malam Keluarga Abbott/Foto: filmafinity.com
Makan Malam Keluarga Abbott/Foto: filmafinity.com

A Quiet Place I memperlihatkan bahwa keluarga tersebut makan malam bersama. Mereka berburu di sungai dan di sana aman karena suara air lebih keras daripada suara manusia. Setelah itu, mereka tidak lagi mencari kebutuhan untuk makan, tetapi justru mencari obat-obatan. Padahal, kegiatan yang mereka lakukan cukup berat. Apakah mereka tidak lapar ya?

Sinematografi Jadi Ide Foto Estetik 

Nonton film ini seperti melihat kota mati yang tidak ada satu pun manusia selamat dari serangan alien. Selain menikmati menit demi menit yang kadang sepi tidak ada suara, eh tapi mendadak ngagetin tapi senang banget sama sinematografinya. 

Tidak bisa dipungkiri memang jika sinematografi memiliki peran penting untuk menarik penonton. Tentu saja ada scene-scene yang kece di A Quiet Place yang bisa jadi ide foto estetik kamu. Apa saja? Ini versi aku.

Candid Jadi Ide Foto Estetik Paling Populer

Ide Foto Estetik Candid/imbd.com
Ide Foto Estetik Candid/imbd.com

Foto candid jadi foto natural yang elegan, tapi pengambilannya juga nggak mudah karena candid harus menciptakan foto yang benar-benar natural. Entah dari gerak tubuh ataupun ekspresi. Aku saja sering kali harus shot berkali-kali untuk mendapatkan momen candid yang benar-benar natural. 

Selain candid objek manusia, cari lokasi yang mungkin ada objek lain secara tidak langsung. Seperti di A Quiet Place ini, selain objek manusia, ada pula rumah tua dengan warna putih, membuat foto terlihat tidak terlalu monoton dengan tambahan warna di rumah tersebut. 

Bird Eye View dengan Latar Jalan

Teknik Fotografi Bird Eye View/twitter @OnePerfectShot
Teknik Fotografi Bird Eye View/twitter @OnePerfectShot

Masih ingat scene ini? Di mana shot-nya sangat keren, yaitu bergerak dari atas ke bawah. Makin keren ketika kamera berada di atas dan memperlihatkan view jalanan.

Tidak menampilkan objek dengan jelas tetapi lebih menunjukkan estetika tampak dari atas. Ini bisa menjadi ide foto kamu untuk memperlihatkan keindahan lokasi dari atas. Adanya gangguan objek secara diagonal juga jadi foto lebih keren, seperti adanya rel kereta apa pada foto di atas.

Wide Angle Jadi Ide Foto Estetik Sederhana

Wide Angle dengan Sentuhan Framing/Foto: comicbeat.com
Wide Angle dengan Sentuhan Framing/Foto: comicbeat.com

Pasti ingat scene yang menegangkan di sini. Foto jarak jauh dengan wide angle akan jadi foto yang kece loh. Tidak harus cari kereta berlubang juga ya. Susah carinya. Bisa gunakan lokasi jembatan atau pintu kereta. Pintu kereta juga keren kok sebagai lokasi foto.

Framing

Sinematografi dengan teknik framing mungkin paling banyak aku temui. Teknik ini sangat sederhana tapi bagiku pengambilannya lumayan sulit. Mungkin karena aku bukan fotografer ya, hanya tukang foto amatiran. Ada beberapa scene yang memperlihatkan teknik framing dan bisa menjadi ide foto estetik kamu.

Framing Objek Latar Pintu/Foto: time.com
Framing Objek Latar Pintu/Foto: time.com

Pintu bisa menjadi latar objek yang kece loh ternyata ketika menggunakan teknik framing. Jika menemukan pintu bagus atau unik, jangan lupa ya gunakan teknik ini.

Framing Sempit Latar Objek Pagar/Foto: digitalspy.com
Framing Sempit Latar Objek Pagar/Foto: digitalspy.com

Melewati pagar aja bisa dapet foto kece. Bisa jadi ide foto estetik yang kece nih.

Objek di dalam Tabung/Foto: digitalspy.com
Objek di dalam Tabung/Foto: digitalspy.com
Framing Selfie/Foto: insider.com
Framing Selfie/Foto: insider.com

Itulah sinematografi keren untuk ide foto estetik kamu. Semakin sering nonton film, aku juga selalu dapat ide angle foto yang bagus. Maklum karena amatiran tapi mau punya feed instagram yang estetik. Biar kayak orang-orang 😀

Foto-foto di @prajna_vita beberapa angle-nya juga dapat setelah selesai menonton film. Bingung ngatur di feednya gimana? Cek di Ide Feed Instagram aku ini supaya feed kamu enak dilihat [baca: stalk].

Leave a Reply

Your email address will not be published.