Itinerary Cirebon 2 Hari 1 Malam

Keraton Kasepuhan Cirebon Wajib di Kunjungi

Cuti sulit di acc tapi butuh jalan-jalan? Padahal kerjaan tidak numpuk-numpuk amat tapi otak butuh asupan suasana baru? Tenang saja, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan oleh para pecinta traveling tapi masih menjadi budak corporate [macam aku ini]. Kerja ya harus terus rajin agar bisa jalan-jalan. Kalau travel blogger mungkin nggak susah payah mikirin ini tapi mereka juga pasti punya pengalaman yang sama seperti ini. [baca: ini-nya kasus susah cuti].

Weekend akhirnya aku manfaatin buat pergi ke kota-kota yang dekat dengan Jakarta, kali ini aku mengunjungi Kota Udang, yaitu Cirebon. Memanfaatkan weekend dengan mengunjungi kota Cirebon menjadi salah satu pilihanku. Hanya memiliki waktu 2 hari 1 malam cukup keras memutar otak agar tempat wisata pilihan dapat dijelajahi dengan efektif. Inilah rancangan itinerary yang bisa kamu pakai apabila ingin ke Cirebon selama weekend.

Itinerary Traveling ke Cirebon Selama 2 Hari 1 Malam

Day 1

03.00 – 09.00                  Otw Cirebon (menggunakan kereta)

09.00 – 09.30                  Sarapan dan transaksi penyewaan motor

09.30 – 10.00                  Check in hotel atau titip barang

10.00 – 12.00                  Keraton Kanoman

12.00 – 14.00                  Hunting makan siang di Bukit Gronggong

14.00 – 16.00                  Pelabuhan Kejawanan

16.00 – 18.00                  Keraton Kasepuhan

18.00 – 21.00                  Masjid Agung dan Alun-alun Cirebon

21.00                                Pulang ke Penginapan

Day 2

08.00 – 10.00                  Hunting kuliner dan sarapan

10.00 – 12.00                  Goa Sunyaragi

12.00 – 14.00                  Hunting oleh-oleh

14.30                               Otw Jakarta

6 Tempat Wisata Cirebon

Lalu, ada apa saja dari tempat-tempat wisata yang aku kunjungi di itinerary tersebut? Inilah enam tempat wisata Cirebon yang bisa kamu kunjungi selama 2 hari 1 malam.

Keraton Kanoman

Kekokohan Bangunan Keraton Kanoman
Kekokohan Bangunan Keraton Kanoman. Foto: Prajna Vita

Keraton ini merupakan keraton yang lebih tua dibandingkan Keraton Kasepuhan. Tentu bangunannya pun berbeda dengan keraton Kasepuhan. Menuju ke Keraton Kanoman tidak jauh dari Stasiun Cirebon dan jangan ragu ketika menggunakan maps, karena akan melewati pasar terlebih dahulu.

Memang itu jalan utamanya. Keraton ini memang lebih sepi dibandingkan Keraton Kasepuhan tapi menurut warga sekitar masih sering digunakan untuk pertemuan-pertemuan acara penting. Selengkapnya bisa baca di Keraton Kanoman, Tunjukkan Pesona “Mu”.

Bukit Gronggong

Bukit Gronggong Menjadi Tempat Pilihan Kuliner
Bukit Gronggong Menjadi Tempat Pilihan Kuliner. Foto: Nanda Adita

Bukit Gronggong merupakan kumpulan restoran yang memiliki berbagai makanan khas kota Cirebon. Kuliner Unik Cirebonyang mirip kuliner Jogja juga sebagian besar aku temukan di sini. Bukit Gronggong memiliki jarak yang cukup jauh dari pusat kota Cirebon tetapi menjadi tempat favorit anak muda. Bagaimana tidak, lokasi di Bukit Gronggong sangat romantis karena berada di perbukitan. Serunya lagi, kamu bisa melihat kota Cirebon dari ketinggian. Dengan adanya Bukit Gronggong, Cirebon Punya Spot Romantis.

Pelabuhan Kejawanan

Pelabuhan Kejawanan Menjadi Ladang Penghasilan Warga Cirebon
Pelabuhan Kejawanan Menjadi Ladang Penghasilan Warga Cirebon. Foto: Prajna Vita

Mengunjungi pelabuhan ini kamu juga bisa menikmati pantai Cirebon. Ada berbagai jenis kapal yang bisa kamu lihat atau dokumentasikan. Tidak lama ini, di Pelabuhan Kejawanan menahan kapal ilegal dari Vietnam. Jika demikian bisa dikatakan kalau Indonesia Langganan Kebobolan Harta Karun.

Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan Menjadi Daya Tarik Wisatawan
Keraton Kasepuhan Menjadi Daya Tarik Wisatawan. Foto: Nanda Adita

Keraton Kasepuhan merupakan keraton pecahan dari Kanoman. Keraton yang berada di sekitaran area alun-alun ini lebih ramai dikunjungi wisatawan. Bentuk interior bangunannya sangat mendominasi kota Cirebon dan mungkin menjadi interior wajib bangunan di Cirebon. Kamu bisa melihat peninggalan sultan Cirebon dan berburu barang-barang vintage-nya di pelataran depan keraton.

Masjid Agung dan Alun-alun Cirebon

Kekhasan Interior Masjid Agung Cirebon. Foto: kontraktorkubahmasjid.com

Sepertinya Masjid Agung Cirebon selalu menjadi tempat yang harus dikunjungi. Interior masjid yang unik seperti keraton perlu kamu lihat. Setelahnya kamu bisa berburu jajanan khas Cirebon di alun-alun depan Masjid Agung.

Goa Sunyaragi

Goa Sunyaragi yang Memiliki Cerita Sejarah
Goa Sunyaragi yang Memiliki Cerita Sejarah. Foto: Nanda Adita

Inilah wisata mistis yang bisa kamu temui di Cirebon dan menjadi wisata sejarah bagi siswa-siswa Cirebon. Banyak anak sekolah bawa buku ketika aku berkunjung ke Goa Sunyaragi. Konon, tempat ini dulunya merupakan pemandian para penduduk keraton, jadi ya seperti candi-candi gitu. Bangunannya yang unik ini menjadi salah satu tempat wisata di Cirebon yang paling favorit versi aku. Cerita mistisnya tentang lorong tembusan juga aku ceritakan di Aura Mistis Lorong Tembusan Goa Sunyaragi Cirebon.

Tidak hanya itu, cerita mistis di Goa Sunyaragi ini juga memberikan hawa mistis ketika memasukinya. Tidak heran jika petugas di depan pintu masuk juga memberikan peringatan kepada pengunjung agar tidak mengucapkan kata-kata kasar atau jorok. Foto mistis di Goa Sunyaragi juga pernah aku lihat di instagram @yessieltrivena.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.