Fakta Menarik Bali yang Membuatmu Tidak Sekadar Berkunjung

BALI adalah aset terbesar Indonesia. Mengenalkan Bali, mengenalkan Indonesia lebih dalam. Banyak turis yang baru tahu bahwa Bali bagian dari Indonesia. Turis lebih mengetahui Bali ketimbang Indonesia. Hal ini karena Bali mampu menjual budaya dan wisatanya kepada turis mancanegara. Kekayaan Indonesia berupa budaya memang unik dan perlu untuk dikenalkan kepada dunia.

Di sinilah aset kekayaan Indonesia, terutama budaya. Beragam suku yang ada di Indonesia membawa nama Indonesia dikenal mancanegara. Tidak heran jika Bali selalu diimpikan oleh banyak masyarakat Indonesia untuk ikut mengunjunginya. Keindahan wisatanya mampu menarik turis untuk menikmati alam yang alami. Bali memang terkenal dengan keindahan alam yang menakjubkan.

Bali juga terkenal dengan keunikan budayanya. Berkunjung ke Bali rasanya tidak lengkap bila tidak menikmati segala yang khas dari Bali. Banyak hal-hal menarik yang perlu kamu kunjungi dan bawa pulang ceritanya. Ada banyak fakta menarik Bali yang membuatmu tidak sekadar berkunjung.

 

Tari Kecak Sebagai Prosesi Persembahan

Photo by Prajna Vita

Budaya menjadi salah satu keunikan yang paling menonjol di Bali. Tarian-tarian yang ditampilkan bukan hanya untuk menghibur penonton melalui seni kebudayaan. Lebih dari itu, masyarakat Bali yang sebagian besar menganut agama Hindu Budha menjadikan tarian sebagai pemujaan kepada Dewa-Dewa. Misalnya Tari Kecak yang selalu ditampilkan setiap senja di Pura Uluwatu merupakan suatu prosesi persembahan kepada Dewa.

Pertunjukan Tari Kecak kerap dinanti-nantikan oleh pengunjung karena tarian ini sangat khas. Bali menciptakan prosesi keagamaan melalui seni. Itu mengapa kebudayaan Bali masih terus melekat meskipun sebagian besar budaya barat masuk ke Bali. Inilah kehebatan Bali yang masih tetap mempertahankan adat dan kebudayaannya, sehingga kekayaan Indonesia, terutama Bali mampu dikenal mancanegara.

 

Melihat Langsung Gambar Uang 50 Ribuan di Bedugul

Photo by. Prajna Vita

Pernah melihat gambar di uang 50 ribuan? Gambar tersebut merupakan Bedugul yang berada di Bali. Bagi kamu yang ingin melihat bagaimana sebenarnya di balik gambar uang 50 ribuan, bisa mengunjungi Bedugul. Pura ini sangat unik karena berada di tengah-tengah danau. Danau yang membentang cukup luas dan hampir terlihat seperti lautan luas.

Pura yang berada di tengah danau menjadi objek yang ditampilkan di uang 50 ribuan. Ternyata aslinya lebih indah karena ketika kita melihat pura tersebut, seakan-akan pura itu berada di tengah lautan. Inilah fakta menarik Bali yang sebetulnya sering kamu lihat sehari-hari, meskipun masih dalam bentuk gambar :D.

 

Tak Ada Coffee Shop, Tetapi Bar

Photo by, Prajna Vita

Budaya barat yang masuk ke Bali memang sangat memengaruhi kehidupan masyarakat di Bali. Hebatnya, tradisi khas Bali tidak hilang dan Bali masih terus menampilkan tradisi-tradisinya. Budaya barat yang masuk ke Bali membuat suasana Bali seperti di luar negeri. Berkunjung ke Bali rasanya saya seperti belajar traveling ke luar negeri. Bagi dini hari akan lebih banyak turis yang keluar daripada siang hari karena mereka baru keluar dari bar. Jika daerah-daerah lain coffee shop tersebar di pelataran kota, di Bali kamu akan lebih banyak melihat bar-bar dan tradisi minum wine. Mungkin bagi saya ini menjadi salah satu fakta menarik Bali karena jarang sekali di pusat kota tidak ada coffee shop.

Meskipun kopi Kintamani memiliki rasa yang unik, tetapi di Bali sangat sedikit coffee shop. Sepanjang Jalan Kuta saya hanya menemukan satu coffee shop dan itu pun tidak memiliki seduhan manual brew. Tradisi minum kopi dengan seduhan manual brew sambil nongkrong mungkin sulit ditemukan di Bali. Kamu akan lebih sering melihat bar-bar yang ramai dengan turis menikmati wine.

Jika kamu ingin menycicipi kopi Kintamani, khususnya single origin kamu bisa membelinya di pusat oleh-oleh, seperti di Krisna. Tersedia kopi Kintamani single origin dengan berbagai versi, mulai dari bubuk halus, kasar, atau biji. Bagi kamu yang pecinta kopi banget mungkin kurang jika menyeduh kopi yang sudah berbentuk kemasan dan lebih greget jika mengunjungi coffee shop langsung. Kamu bisa mengunjungi Bali di luar pusat kotanya karena pusat kota Bali, seperti Legian akan lebih banyak tersebar bar bukan coffee shop. Kamu bisa hunting coffee shop di Ubud atau daerah Bali lainnya yang jauh dari pusat kota dan temukan karakteristik lainnya dari Kintamani.

Itulah hal unik tentang Bali yang membuat kamu bukan sekadar berkunjung, mendapatkan foto, lalu pulang. Bali yang memesona memiliki beragam cerita unik yang harus, wajib, dan kudu kamu tahu, atau bahkan cari tahu. Yuk, mulai traveling untuk menemukan hal-hal baru dan ceritakan inspirasimu dengan lainnya.[]

 

Baca juga:

5 Hal Unik Tari Kecak yang Membuat Turis Ingin Kembali ke Bali

Jalan Legian Jadi Ikonik Wisata Dini Hari di Bali

Taktik Cerdik Monyet Pura Luhur Uluwatu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *